Evaluasi Usability pada Aplikasi Pospay Menggunakan Metode Usability Testing

Muhammad Hafid Alfarisi, Usman Ependi

Abstract


Penelitian ini merupakan evaluasi untuk mengetahui apakah terdapat masalah terhadap penggunaan aplikasi Pospay dan mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap aplikasi tersebut. Pengembangan sebuah sistem diperlukan suatu dasar, salah satu dasar dari pengembangan tersebut bisa berupa hasil dari evaluasi produk. Metode yang digunakan adalah usability testing. Usability Testing adalah teknik yang digunakan untuk mengevaluasi produk dengan mengujinya langsung pada pengguna, Usability testing merupakan suatu atribut untuk menilai seberapa mudah interface digunakan. Usability Testing memiliki 5 (lima) komponen yang sangat penting yaitu learnability,  Efficiency, Memorability, Error dan Satisfaction. Metode pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Partisipan penelitian ini diisi oleh 3 level pengguna yaitu pengguna aktif, pengguna terampil dan pengguna awam. Kesimpulan yang dapat diambil adalah sebagai berikut: Learnability dengan nilai 79.98 %, Efficiency dengan 70.66 %, Memoriability dengan nilai 69.34 %, Error dengan nilai 79.96%. Satisfaction dengan nilai 76 %. Hasil akhir pencapaian evaluasi aplikasi pospay dengan total 75,18 % yang berarti aplikasi pospay baik dalam artian mudah dalam hal menggunakannya sebagai alat pembayaran berbagai keperluan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat mengetahui faktor yang mendorong kepuasan pengguna terhadap aplikasi Pospay dan diharapkan nantinya dapat berguna dan bermanfaat bagi PT. Pos Indonesia (Persero) 30000.


Full Text:

PDF

References


Anastasya, L. (2017). Analisis Peningkatan Kualitas Aplikasi Pospay PT. Pos Indonesia dengan Metode Mc Call. Jakarta: Universitas Pembangunan Nasional Veteran.

Arman, A., Efendy, Z., Chandra, J. E., & Karnady, V. (2021). Analisis Aplikasi E-Learning STMIK Indonesia Padang Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 dengan Metode Usability. Rang Teknik Journal, 134-142.

E., S., Mazalisa, Z., & Andriyani, R. (2014). Usability Testing untuk Mengukur Penggunaan Website Inspektorat Kota Palembang. Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika.

Febrianti, D. A., Wijoyo, S. H., & Az-Zahra, H. M. (2020). Evaluasi Usability Web UniPin dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.

Yadi, Y. (2018). Analisa Usability pada Website Traveloka. Jurnal Ilmiah Betrik: Besemah Teknologi Informasi dan Komputer, 172-180.

Yumarlin, M. Z. (2016). Evaluasi Penggunaan Website Universitas Janabadra dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Informasi Interaktif, 34-43.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v8i2.1151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Hafid Alfarisi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats