Sistem Informasi Promosi Jasa Sewa Wedding Organizer pada Oemah Pengantin Agung

Sarwindah Sarwindah, Jesi Safitri, Marini Marini, Tri Sugihartono

Abstract


Wedding Organizer merupakan bisnis yang sangat berperan penting dalam suatu pernikahan, untuk  mewujudkan impian para calon pengantin yang menginginkan suatu acara yang berkesan sekali dalam seumur hidup. Wedding Organizer Oemah Pengantin Agung menyediakan pelayanan penyewaan jasa berbagai macam kebutuhan pernikahan. Pengelolaan data serta promosi jasa wedding organizer Oemah Pengantin Agung masih bersifat manual. Calon pengantin harus datang ke gallery untuk melihat dan  mengetahui informasi perihal Wedding Organizer Oemah Pengantin Agung. Promosi masih dilakukan melalui orang ke orang, melalui brosur dan  media umum sederhana yang berdampak kurang luasnya penyebaran informasi. Diperlukan media promosi lain yang lebih baik serta bisa menjangkau lebih banyak orang. Sehubungan dengan hal tersebut, perlu dibuat Sistem Informasi penyewaan untuk membantu proses penyewaan secara Online sehingga mempermudah pelanggan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memudahkan pelanggan supaya proses penyewaan serta pemasaran semakin mudah. Sistem informasi juga mendukung penyebaran informasi terkait jasa wedding organizer yang ditawarkan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan  metode observasi. Hasil penelitian ini berupa Sistem Informasi yang operasional. Informasi yang dihasilkan sesuai dengan permintaan pihak Wedding Organizer dan aksesnya cepat. Sistem ini dapat membantu pengelolaan data pemesanan jasa wedding organizer dan  menyampaikan informasi lebih luas ke khalayak umum. Hal tersebut berdampak pada perluasan pangsa pasar, yang berkontribusi menaikan profit Wedding Organizer tersebut.

 


Full Text:

PDF

References


Syahnaz, Chris. (2017). Perancangan Design Educational Kit Sebagai Sarana Pendukung Media Pembelajaran Pada Yayasan Bani As-Syuro Kabupaten Tangerang. Tangerang: STMIK Raharja.

D. Permata, E. Tasrif, and I. P. Dewi, (2018). “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Wedding Organizer Di Kota Padang,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform.).

D. F. Amrullah, (2019). “Sistem Informasi Penyewaan Alat Outdoor Berbasis Web Di Shelter Outdoor,”

E. F. Wati and A. A. Kusumo, (2016). “Penerapan Metode Unified Modeling Language ( UML ),” UNSIKA Syntax Jurnal Inform.

Vivian Siahaan and Rismon Hasiholan Sianipar, (2018). “Pemrograman Web dengan PHP dan MySQLGoogle Books,”

Taniah, A. W., & Harjunawati, S. (2017). Perancangan Sistem Informasi Transaksi Penyewaan Wedding Organizer Pada CV. Denis Citra Mandiri Bekasi. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer,

S. Sarwindah and E. Yanuarti, (2020). “Pengembangan Prototype Sistem E-Commerce pada Ajun Elektronik dengan Metode FAST,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 9, no. 2, p. 281, 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i2.871.

Laurentinus, Dkk. (2021). Data Mining Using Apriori Algorithm and Linear Regression in Product Recommendations. 2021 4th International Seminar on Research of Information Technology and Intelligent Systems (ISRITI).




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v8i2.1137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sarwindah Sarwindah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats