Sistem Rekomendasi Pemilihan Smartphone Dengan Metode Case Based Reasoning (Studi Kasus : Masyarakat Kabupaten Subang)

Ahmad Fitriansyah, Nur Sucahyo, Andi Erna Verawati

Abstract


Saat ini Smartphone telah menjadi benda yang sangat penting bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Hasil survey lembaga we are social, sampai dengan bulan Februari 2022 jumlah pengguna telepon genggam di Indonesia sebanyak 370.1 juta atau 133% dari jumlah penduduk Indonesia yang hanya 277.7 juta jiwa. Data yang sama menunjukan bahwa 96% penduduk indonesia yang berusia antara 16 sampai 64 tahun memiliki smartphone. Saat ini di Kecamatan Ciasem Kabupaten Subang terdapat 16.856 orang pelajar dari tingkat SD sampai SLTA yang di masa pandemi covid-19 menjalani program Sekolah Dari Rumah. Dipasaran tersedia banyak smartphone yang ditawarkan yang memiliki spesifikasi yang berbeda satu dengan yang lainnya walaupun satu merk, belum lagi perbedaan diantara merk yang ada. Banyaknya variasi model dan spesifikasi yang ditawarkan ini akan semakin menyulitkan pelajar maupun orangtua/walinya untuk mengambil keputusan yang tepat dalam membeli smartpohone agar produk yang dibeli  sesuai dengan kebutuhan.Untuk membantu pelajar dan orang tuanya  dalam menentukan pilihan smartphone yang akan dibeli dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu dalam merekomendasikan smartphone yang sesuai kebutuhan mereka. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan pengumpulan data melalui wawancara dengan 20 orang masyarakat untuk menentukan parameter yang digunakan dalam memilih smartphone dan dilanjutkan dengan teknik observasi yang dilaksanakan dengan mendatangi 10 toko telepon seluler yang ada di wilayah Kabupaten Subang untuk mengumpulkan data spesifikasi dan harga smartphone yang saat ini beredar di Kabupaten Subang. Sedangkan metode pengembangan sistemnya menggunakan teknik Software Development Life Cycle (SDLC) mulai dari tahap requirements definition, software design, implementation and testing, sampai tahap operation. Hasil penelitian berupa aplikasi rekomendasi pemilihan smartphone dengan metode case based reasoning (CBR) berbasis web yang dapat membantu pelajar/orang tua dalam memilih smartphone yang paling sesuai dengan kebutuhan berdasarkan dari data kasus yang paling mirip dengan parameter yang dimasukan pengguna. Aplikasi akan menampilkan tiga rekomendasi smartphone yang paling mendekati kriteria yang dipilih pengguna.


Full Text:

PDF

References


Aamodt, A., & Plaza, E. (1994). Case-Based Reasoning: Foundational Issues, Methodological Variations, and System Approaches. AI Communications. IOS Press, Vol. 7: 1, 39-59.

BPS Kabupaten Subang. (2021). Kecamatan Ciasem Dalam Angka - 2021. Subang: Badan Pusat Statistik Kabupaten Subang.

Hasanah, U., & Abdullah. (2016). Penerapan Case Based Reasoning (CBR) Untuk Diagnosa Penyakit Mata Berbasis Web. Jurnal Sistemasi, Vol.5 No.3, 36-43.

Kahar, N., & Riki. (2017). Penerapan Metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone. Jurnal Fortech, Vol.1 No.1, ISSN 2580-3476, 37-42.

Kemp, S. (2022, April 18). Digital 2022 Indonesia. Retrieved from Datareportal: https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia?rq=indonesia

Qiu, Z., Chen, M., & Huang, J. (2010). Design of Multi-mode E-commerce Recommendation System. Third International Symposium on Intelligent Information Technology and Security Informatics (pp. 530-533). Jinggangshan, China: IEEE.

Ricci, F., Rokach, L., Shapira, B., & Kantor, P. B. (2011). Recommender Systems Handbook. New York: Springer.

Sommerville, I. (2011). Software Engineering Ninth Edition. Massachusetts: Addison-Wesley-Pearson Education, Inc.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek) Edisi Revisi. Bandung: Informatika.

Sukmadinata, N. S. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suryawinata, M. (2019). Pengembangan Aplikasi Berbasis Web. Sidoarjo: Umsida Press.

Wicaksono, A. P., & Santoso, A. (2019). Penerapan M-SAW dalam Implementasi Sistem Rekomendasi Pemilihan Smartphone Dana Terbatas. Seminar Nasional APTIKOM (Semnastik) (pp. 196-2014). Semarang: APTIKOM-Universitas Dian Nuswantoro.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v8i2.1134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Fitriansyah, Nur Sucahyo, Andi Erna Verawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats