Pengembangan Learning Management System sebagai Pembelajaran Berempati di Media Sosial berbasis Framework Ruby on Rails menggunakan Metode RAD

Ircham Ali, Abdul Hakim Ghaniy, Handy Fernandy

Abstract


Perkembangan internet dan kemudahan akses informasi berdampak pada meningkatnya kasus perundungan maya secara kekerasan verbal maupun ujaran kebencian. Dampak lain dari perundungan maya yang dilakukan oleh pengguna media sosial juga berdampak pada psikologis seseorang, khususnya para pengguna media sosial dari kalangan anak-anak dan remaja. Berdasarkan masalah rendahnya empati yang terjadi, penelitian ini mengusulkan sebuah pengembangan web berbasis learning management system (LMS) untuk pembelajaran berempati. Web dibangun menggunakan bahasa pemrograman Ruby, dengan framework Ruby on Rails, DBMS PostgreSQL, RestAPI, JavaScript, dan TailwindCSS. Konsep Model-View-Controller (MVC) design pattern diterapkan untuk memudahkan konsep development yang menerapkan metode pengembangan Rapid Application Development (RAD). LMS berbasis web ini diharapkan menjadi solusi bagi anak-anak, remaja, dan pengguna media sosial untuk memahami bagaimana pentingnya mengamalkan nilai-nilai empati, baik pada kehidupan nyata maupun dalam bermedia sosial. Fitur-fitur antara lain landing-page, registration, video animasi interaktif digunakan dalam penyampaian materi-materi yang diajarkan. Terdapat juga pertanyaan berbasis kuis yang dapat dijawab oleh pengguna secara user-friendly.


Full Text:

PDF

References


Agustini, S. (2022). Web Based Tourism Information System in Bintan Island. Engineering And Technology International Journal, 4(1), 16–20. https://doi.org/doi.org/10.55642

APJII. (2022). Profil Internet Indonesia 2022. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), June. http://apjii.or.id/v2/upload/Laporan/Profil Internet Indonesia 2012 %28INDONESIA%29.pdf

Azis, A. A. (2017). Pengembangan Media E-Learning Berbasis LMS Moodle Pada Matakuliah Anatomi Fisiologi Manusia. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 1–8. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpb/article/view/712

Binyamin, S. S., Rutter, M. J., & Smith, S. (2019). Extending the technology acceptance model to understand students’ use of learning management systems in Saudi higher education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(3), 4–21. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i03.9732

Chyan, P. (2021). Perancangan learning management system sebagai pendukung pembelajaran jarak jauh. RABIT : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 6(1), 7–13.

Fadli, S. (2018). Model Rapid Application Development Dalam Pengembangan Sistem Reservasi dan Penyewaan Kamar Hotel. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Elektronik, 1(1), 57. https://doi.org/10.36595/jire.v1i1.33

Hasibuan, E. H., Singarimbun, R. N., & Harahap, B. (2022). Implementation of The E-Voting System In The Election of The OSIS SMA Dharma Pancasila Vocational School Based on Web-Based Methods Rapid Application Development (RAD). 10(2), 976–985.

Hertz, M. F., Jones, S. E., Barrios, L., Ferdon, C., & Holt, M. (2015). Association Between Bullying Victimization and Health Risk Behaviors Among High School Students in the United States. Journal of School Health. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/josh.12339

Pratiwi, M., Mayola, L., Kris, V., Laoli, H., Arsyah, U. I., & Pratiwi, N. (2022). Medical Record Information System with Rapid Application Development ( RAD ) Method. Journal of Information System and Technology Research, 1(2).

Rizkyanti, C. A., Wahyuni, C., & Alatas, S. (2021). Empathy and Defender Role in Bullying at School: Student-Teacher Relationship as Mediator. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 19(54), 227–246. https://doi.org/10.25115/ ejrep.v19i54.3564

Smith, P. K., Mahdavi, J., Carvalho, M., Fisher, S., Russell, S., & Tippett, N. (2008). Cyberbullying: Its nature and impact in secondary school pupils. Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines, 49(4), 376–385. https://doi.org/10.1111/j.1469-7610.2007.01846.x

Sumarna, Suhendry, M. R., Riana, E., Riyanto, V., & Nurdin, H. (2021). Rancang Bangun Learning Management System Menggunakan Framework CodeIgniter Pada PT. Rekayasa Industri. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 7(1), 30–36. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2

Syah, R., & Hermawati, I. (2018). The Prevention Efforts on Cyberbullying Case for Indonesian Adolescent Social Media Users. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 17(2), 131–146.

Yoga, V., Ardhana, P., Sapi, M., & Sampetoding, E. A. M. (2022). Web-Based Library Information System Using Rapid Application Development ( RAD ) Method at Qamarul Huda University. International Journal of Informatics and Computer Science, 6(1), 43–50. https://doi.org/10.30865/ijics.v6i1.4031




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v8i2.1132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ircham Ali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats