Beban Kerja Perawat terhadap Ketepatan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di Ruang IGD RSUD Dr. Chasbullah Abdul Madjid Bekasi

Siti Djubaedah, Anastasia Hardyati, Tri Mulia Herawati

Abstract


Latar Belakang: Salah satu faktor yang berkontribusi pada kinerja perawat adalah beban kerja. Sedangkan kegiatan yang menjadi bagian dari beban kerja perawat adalah melakukan pendokumentasian secara lengkap. Kelengkapan pendokumentasian keperawatan merupakan bagian dari kualitas yang mendukung pelayanan keperawatan di rumah sakit. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui hubungan beban kerja perawat terhadap ketepatan pendokumentasian asuhan keperawatan di IGD RSUD dr. Chasnullah Abdulmadjid Bekasi. Metode: Sample pada penelitian ini sebanyak 38 perawat IGD Chasbullah Abdulmadjid Bekasi di ambil dengan teknik total sampling. Metode purposive sampling digunakan untuk mengobservasi lengkap atau tidak lengkap suatu pendokumentasian asuhan keperawatan yang dilakukan oleh perawat IGD RSUD dr. Chasnullah Abdulmadjid Bekasi dengan jumlah sampel 138 lembar dokumentasi. Dilaksanakan pada tanggal 3 agustus – 17 agustus 2019. Menggunakan analisis univarit dan bivariat (dengan uji Chi Square) menggunakan lembar observasi dan kuesioner. Hasil: Dari hasil penelitian pada perawat IGD RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Bekasi menunjukan 73,7% beban kerja tinggi dan 26,3 beban kerja rendah. Pada observasi pendokumentasian didapatkan dokumentasi lengkap 63,8% dan tidak lengkap 36,2%. Didapatkan hasil beban kerja perawat tinggi namun dokumentasi tidak lengkap 57,1% dan pada perawat beban kerja ringan hasil yang didapatkan dokumentasi lengkap 80,0%. Hal ini menunjukan adanyan hubungan bermakna anatara beban kerja perawat dengan ketepatan pendokumentasian. Hal ini didukung dengan hasil p. Value = 0,027 lebih kecil dibandingkan α 0,05. Kesimpulan: Hasil penelitian bahwa ada hubungan yang bermakna antara beban kerja perawat dengan ketepatan pendokumentasian.


Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta; Rineka Cipta.

Lusianah. (2008). Hubungan motivasi dan supervisi dengan kualitas dokumentasi keperawatan di instalasi inap rumah sakit marinir cilandak jakarta (Tesis tidak dipublikasikan). Program Megister Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Jakarta.

Notoatmodjo, Soekijo. (2010). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Potter, P. A.,& Perry, G.A (2010). Fundamental Of Nursing (Volume 2,7 th Ed.). ST. Louis: Mosby Year Book.

Siswanto, L.M. Harmin dkk (2013) Faktor- faktor yang berhubungan dengan kelengkapan pendokumentasian asuhan keperawatan. Di peroleh pada tanggal 27 Agustus 2019.




DOI: https://doi.org/10.37012/jkmp.v1i2.1551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Djubaedah, Anastasia Hardyati, Tri Mulia Herawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Kesehatan Masyarakat Perkotaan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats