Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Gaya Hidup dengan Kejadian Hipertensi di RW 08 Wilayah Kerja Puskesmas Kampungtengah Kramat Jati

Nurma Dewi

Abstract


Hipertensi merupakan penyakit kardiovaskuler yang paling umum di derita oleh masyarakat. Seseorang dikatakan hipertensi bila hasil pemeriksaan tekanan darah sistolik ≥ 140 mmHg dan diastolik ≥ 90 mmHg. Tekanan darah tinggi seringkali disebut “silent killer” karena tidak memiliki tanda dan gejala. Kurangnya pengetahuan dan gaya hidup yang tidak sehat dapat menjadi penyebab terjadinya peningkatan tekanan darah dan dapat menjadi komplikasi penyakit jantung, gagal ginjal dan stroke. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan gaya hidup dengan kejadian hipertensi di Puskesmas Kampungtengah Kramat Jati. Metode penelitian menggunakan desain Deskriptif Korelasi dengan pendekatan Cross Sectional Survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah 83 responden. Uji statistika menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan kejadian hipertensi (p = 0,002), terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan gaya hidup dengan kejadian hipertensi (p = 0,000). Direkomendasikan untuk menugaskan tenaga kesehatan terutama perawat dalam memberikan pendidikan kesehatan tentang pengetahuan hipertensi, memperbaiki cara gaya hidup yang baik agar dapat mencegah terjadinya komplikasi. Selain itu dapat meningkatkan program senam hipertensi dan skrining hipertensi untuk pencegahan terjadinya komplikasi.


Full Text:

PDF

References


Aida & Tarigan , A.A. (2019). Survey Hipertensi dan Pencegahan Komplikasinya di Wilayah Pesisir Sei Tuan Tahun 2019. Jurnal Jumantik,4 (1), 101 – 11

Ainun et al . (2012). Hubungan Gaya Hidup dengan Kejadian Hipertensi pada Mahasiswa di Lingkup Kesehatan Universitas Hassanudin. Universitas Hassanudin Makasar.

Ali, M. (2016). Hubungan Gaya Hidup dengan Kejadian Hipertensi pada Masyarakat di Dusun Slaero Kecamatan Patrang Kabupaten Jember (Doctoral Dissertation). Universitas Muhammadiyah Jember.

Arini, dkk. (2015). Hubungan Gaya Hidup dan Pola Makan dengan Kejadian Hipertensi pada Lansia di Kelurahan Sarangan Baru Kota Depok Tahun 2015. Jurnal. Jakarta.

Aulia R. (2018). Pengaruh Pengetahuan Terhadap Kepatuhan Pasien Hipertensi di Instalasi Rawat Jalan RSUD Dr. Moewardi Surakarta Periode Februari – April 2018. Journal Of Univeristas Muhammdiyah Surakarta.

Bianti Nuraini. (2015). Risk Factor Of Hypertension. J Majority, Vol 4 no 5.

Black , J. M., & Hawks, J. H. (2014). Keperawatan Medikal Bedah (8 th ed). Salemba Medika

Chen, Shu C., Lo, Tsai C., Chang, Jui H., dan Kuo, Hsien W. (2014). Variation in Aging, Gender, Menopause, and Obesity and Their Effect on Hypertension In Taiwan. Internasional Journal Of Hypertension.

City, B., Rustandi, H., & Jupiter. A. H. (2017). Hubungan Pengetahuan dan Gaya Hidup Dengan Kejadian Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Basuki Rahmad Kota Bengkulu Correlation Of Knowladge And Lifestyle Eith Hypertension Event In The Work Area Of Basuki Rahmad Public Health Center In.

Dewi, E. U., Bakri, M.H., & Dari, Y. (2017). Hubungan Antara Pengetahuan dan Gaya Hidup dengan Hipertensi di Puskesmas Depok 2 Condong Catur Depok Sleman. Journal Of Health (JoH), 2017, 4.2: 100- 106.

Ekowatiningsih, Dyah. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Gaya Hidup Dengan Upaya Pencegahan Stroke Pada Penderita Hipertensi di Ruang Rawat Jalan RSU Haji Makassar.

Hartanti, M. P., & Mifbakhuddin, ( 2015). Beberapa Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Hipertensi pada Petani. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia ( JKMI), 10(1), 30-37..

Hastono, Sutanto Priyo. (2016). Analisis Data Pada Bidang Kesehatan. Jakarta: Rajawali Pers

Hidayat, A Aziz Alimatul. 2017. Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan. Jakarta : Salemba Medika.

Ikhwan, Livana dan Hermanto (2017). Hubungan Faktor Pemicu Hipertensi dengan Kejadian Hipertensi. Jurnal Kesehatan, Vol. 10 no. 2

Indah. (2016). Hubungan Gaya Hidup dengan Kejadian Hipertensi pada Lansia di Pelayanan Kesehatan Puskesmas Medan Johor. University Sumatra Utara.

Kementrian Kesehatan RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kemenkes RI

Kementrian Kesehatan RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia.

Kementrian Kesehatan RI. (2019). Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI.

Kotler & Keller. (2016). Marketing Manajemen Edition, Pearson Education. Inc.

Kowalak, dkk. (2017). Buku Ajar Patofisiologi. Jakarta : Buku Kedokteran EGC.

Lestari, O. N. (2019). Gambaran Edukasi Garam Rendah Natrium Pada Penderita Hipertensi Di Desa Kalimanah Kulon Kecamatan Kalimanah Purbalingga (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammdiyah Purwokerto).

Limbong, V.A., Rumayar, A., & Kandou, G. D. (2018). Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Kejadian Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Tateli Kabupaten Minhasa. KESMAS, 7 (4).

Maulidina, F., Harmani, N., & Suraya, I. (2019). Faktor- faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Jati Luhur Bekasi Tahun 2018. Arkesmas (Arsip Kesehatan Masyarakat), 4(1), 149-155.

Noerinta, R. D. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Hipertensi Pada Lansia di Kelurahan Manisrejo Kota Madiun.

Notoadmodjo. (2014). Pendidikan dengan Perilaku Kesehatan, Jakarta : EGC

Notoadmojo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nursalam, (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: pendekatan Praktis Ed.4. Jakarta : Salemba Medika.

P2PTM Kemenkes RI. (2019). Hari Hipertensi Dunia 2019 “ Know Your Number, Kendalikan Teknan Darahmu Dengan Cerdik.

PERKI. (2015). Pedoman Tatalaksana Hipertensi pada Penyakit Kardiovaskular. Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia, Jakarta.

Perry & Potter. (2013). Fundamental Of Nursing. 8 th ed. St Louis, Messouri : Elsevier Moshry

Priscilla Lemone. (2015). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Jakarta : EGC.

Puspita, dkk. (2017). Peran Keluarga dan Petugas Kesehatan Dalam Kepatuhan Pengobatan Penderita Hipertensi di Puskesmas Gunungpati Kota Semarang.

RISKESDAS. (2018). Laporan Nasional Riskesdas. Lembaga penerbit badan penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB).

Sari, R. K., & Livana, P. H. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi hipertensi. Jurnal Ilmiah permas: Jurnal Ilmiah Stikes Kendal, 6(1), 1-10.

Sartik, S., Tjekyan,R, S., & Zulkarnain , M . (2017). Risk Factors And The Incidence Of Hipertension in Palembang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(3), 180-191

Soeatmadji, Djoko Wahono. Retty ratnawi et. al. 2019. Buku Ajar Patofisologi ed. Indonesia. Singapura : Elsevier.

Sudoyo, A. W. (2011). Buku Ajar Ilmi Penyakit Dalam. Jilid II. Edisi V. Jakarta: Balai Penerbit FK UI.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Wahyuni, T.S. (2018). Pola Makan dan Jenis Kelamin dan Hubungan Pengetahuan Terhadap Kejadian Hipertensi di Kelurahan Sambung Macan Sragen. Gaster, 16(1), 73-82

WHO. A Global Brief on Hypertension. Executive Summary Ganela. WHO Press 2013.

Yuliana. E. C. (2017). Analisis Pengetahuan Siswa Tentang Makanan yang Sehat dam Bergixi Terhadap Pemilihan Jajanan di Sekolah




DOI: https://doi.org/10.37012/jkmp.v2i2.1316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurma Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Kesehatan Masyarakat Perkotaan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats