Faktor Internal dan Eksternal Pelayanan Makanan yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Kelas 3 RSUD Budhi Asih Jakarta Timur
Abstract
Pelayanan makanan merupakan salah satu kegiatan pelayanan gizi di Rumah Sakit. Faktor Internal Pelayanan Makanan yang meliputi variasi makanan, warna, aroma, tekstur dan cita rasa serta Faktor Eksternal Pelayanan Makanan seperti penampilan dan keramahan petugas, kebersihan alat dan penampilan makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal pelayanan makanan yang mempengaruhi kepuasan pasien. Metode penelitian ini menggunakan survei cross sectional dengan jumlah responden 40 orang. Analisis univariat karakteristik responden didapatkan umur ≥ 35 tahun (52,5%), jenis kelamin perempuan (60%), mayoritas ibu rumah tangga, lama hari rawat terbanyak < 4 hari. Analisis Bivariat menunjukan tidak ada hubungan antara Faktor Internal dan Faktor Eksternal Pelayanan Makanan dengan Kepuasan Pasien masing – masing p value = 1,000 (p > 0,05). Perlu adanya perbaikan dalam peralatan makan pasien kelas 3 di rumah sakit Budhi Asih.
Full Text:
PDFReferences
Aritonang, Irianton (2014). Manajemen sistem pelayanan gizi swakelola dan jasaboga di Instalasi Gizi Rumah Sakit, Yogyakarta
Diana, Sianipar (2014). Faktor – faktor yang mempengaruhi daya terima menu makanan pasien bedah orthopedi RSAU dr Esnawan Antariksa Halim Perdana Kusuma tahun 2014, Skripsi Program Studi S1 Gizi STIKes Binawan, Jakarta
Hardiyati, R (2010). Hubungan Kepuasan Pelayanan Makanan Rumah Sakit Djuanda. Serang,Fakultas Kesehatan Akademi Gizi
Hastono, P dan Sabri, L (2010). Statistik Kesehatan, Jakarta
Kemenkes RI (2013). Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit (PGRS) , Jakarta
Khairunisa, Laila (2014). Faktor – faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat RSUD Pasamanan Barat
Lumbantoruan, Dian BS (2012). Hubungan Penampilan Makanan dan Faktor Lainnya dengan Sisa Makanan Biasa Pasien Kelas 3 Seruni RS Puri Cinere Depok Bulan April – Mei 2012, Skripsi FKM – UI
Mustaram, Yogi.P (2010). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Instalasi Gizi Di Rumah Sakit Siti Hajar Mataram dan Rumah Sakit Umum Pusat Mataram Nusa TenggaraBarat, Skipsi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY, Yogyakerta
Purba, R.B (2013). Faktor – faktor yang Berhubungan Tingkat Kepuasan Pasien Pada Penyelenggaraan Makanan Di Blu Irina C.Rumah Sakit Umum Pusat Prof. DR.R Kandau Manado, Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado, Menado
Semedi Pujo, dkk (2013). Hubungan Kepuasan Pelayanan Makanan Rumah Sakit dan Asupan Makanan dengan Perubahan Status Gizi Paien (Studi di RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak), Jurnal Gizi Indonesia, Vol, 2:1 (Des.2013), hal 32 – 41
Sutianingsih, (2012). Gambaran Penyelenggaraan Makanan di Rumah Sakit RSUD Sunan Kalijaga Cirebon, KTI Akademi Gizi Poltekes
Taufik (2011). Gambaran sisa makanan pasien diet garam rendah di ruang rawat inap kelas III rumah sakit Budi Asih, KTI Akademi Gizi Andalusia, Jakarta
Ulva, melisa (2014). Gambaran tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan keperawatan di putra specialist hospital Melaka,
Wisnu, Tri (2013), Gambaran Indeks Kepuasan Pelayanan Makan Siang Pasien Rawat Inap Kelas II dan III Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih,KTI Akademi Gizi Mh.Thamrin, Jakarta
DOI: https://doi.org/10.37012/jkmp.v1i2.1195
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Dahlia Nurdini, Wiwit Wijayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550
Jurnal Kesehatan Masyarakat Perkotaan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.