Faktor Yang Berhubungan Dengan Konsumsi Sayur Dan Buah Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi

Noviyanti Noviyanti, Ratna Mutu Manikam

Abstract


Kurangnya konsumsi sayur dan buah dapat mengakibatknan tubuh mengalami kekurangan zat gizi seperti vitamin, mieral dan serat sehingga dapat menyebabkan berbagai timbulnya penyakit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan konsumsi sayur dan buah pada siswa di SMA Negeri 1 Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Rancangan penelitian ini menggunakan cross sectional dan bersifat deskriptik analitik. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan wawancara kuesioner FFQ dan pengisian kuesioner variabel yang diteliti. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan sampel berjumlah 208 orang dan dianalisis menggunakan uji chi square. Data yang diperoleh dianalisis secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian: penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara preferensi (p -value 0,040), sikap (p -value 0,042), pengetahuan (p -value 0,033), ketersediaan sayur dan buah di rumah (p -value 0,042) dengan konsumsi sayur dan buah. Kesimpulan: tidak ada hubungan yang signifikan antara jenis kelamin, uang jajan dan peran teman sebaya. Ada hubungan yang signifikan antara preferensi, sikap, pengetahuan dan ketersediaan sayur dan buah di rumah dengan konsumsi sayur dan buah. Saran: bagi pihak sekolah mampu bekerja sama dengan pihak terkait di bidang gizi dan kesehatan maupun orang tua agar adanya peningkatan konsumsi sayur dan buah siswa.


Full Text:

PDF

References


Almatsier, Sunita. 2009. Prinsip dasar ilmu gizi. Gramedia, Jakarta.

Anni Faridah. 2009. Patiseri .Jakarta: Direktorat pembinaan sekolah menengah kejuruan.

Asni, Yuli. 2004. Studi pembuatan biskuit dengan penambahan tepung tulang ikan patin. Skripsi. Fakultas perikanan dan ilmu kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Darwin Philips.2013. Menikmati gula tanpa rasa takut. perpustakaan nasional:sinar ilmu.

Esti s p.2012. pemamfaatan tepung ubi kayu dan tepung biji kecipir sebagai subsitusi terigu dalam pembuatan cookies.skripsi. diterbitkan Surakarta : fakultas pertanian. Universitas sebelas maret.

Faole, M. 2003. The coconut odyssey:the bounteous possibilities of the tree of life. Autralian centre for international agricultural research, Canberra.

Ibrahim.SM.2009. evaluation of production and quality of salt-biscuit supplemented with fish protein concentrate. World journal of diary and food science 4(1):28-31.

Iwansyah, A.C.,dkk. 2008.Pengaruh Penambahan Tepung Tulang Ikan sebagai Sumber Kalsium terhadap Mutu Kimia Kerupuk Ikan. Prosiding. Universitas lampung

Kusumawardani, N.M. 2014. Kajian stok sumber daya ikan tongkol euthynnus affinis di perairan selat sunda yang didaratkan di PPP Labuan, pandeglang, banten. skripsi. institut pertanian bogor. Bogor.28 halm.

Lestari. S.2001. pemamfaatan limbah tulang ikan tuna menjadi tepung. Bogor. Fakultas ilmu perikanan dan kelautan IPB.

Muchtadi, Derry. 2009. Pengantar Ilmu Gizi. Penerbit Alfabeta Bandung. Bogor

Nasiru, M., 2011. effect of cooking time and potash on organoleptic properties of red and white meat, dalam ayustaningwarno, fitriyono.,2014, teknologi pangan, teori praktis dan aplikasi, graha ilmu,Yogyakarta.

Nigita, ariyani. 2012,.pemamfaatan limbah tulang ikan kuniran(upeneus moluccennesis) untuk fortifikasi kalsium(ca) pada susu kedelai. Skripsi. fakultas tarbiah .IAIN .walisongo .semarang.

Puspitasari, D. 2015.karakteristik biskuit subsitusi tepung sukun (artocarpus communis forst) yang diperkaya dengan tepung kedelai (glycine max (linn.) Merrill). Skripsi. Teknologi pangan, fakultas teknik, universitas pasundan.bandung.

Reski A.M. 2011 .pemamfaatan ekstraksi kulit ari biji kakao (theobroma cacao. L) pada produk cookies cokelat. Skripsi. diterbitkan.fakultas pertanian. Universitas hasanuddin.

Setyabudi, A. (2013). Pengembangan Mi Glosor Instan dari Tepung Sagu Aren dengan Substitusi Tepung Labu Kuning sebagai Alternatif untuk Diversifikasi Pangan. Retrieved

Setyaningsih, Dwi, Anton Apriyanto, dan maya Puspitasari. 2010. Analisis sensori untuk Industri Pangan dan Argo. Bogor: IPB

Sutomo, Budi. 2012. Rahasia Sukses Membuat Cake, Roti, KueKering & Jajanan Pasar. nsbooks.

Trilaksani. W, salamah E, and nabil M. 2006.pemanfaatan limbah tepung tulang ikan tuna (thunnus sp) sebagai sumber kalsium dengan metode hidrolisis protein. Bulletin teknologi hasil perikanan 9(2):34-35.

Yanica I.A. (2013). Indeks Glikemik dan Karakterisasi Kimia Beras Analog Berbahan Dasar Jagung, Sorgum, dan Sagu Aren. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

[BSN] Badan Standardisasi Nasional. 1992. Tepung tulang untuk bahan baku makanan ternak: SNI 01-315. Jakarta: Badan Standardisasi Nasional.

[DKBM] Daftar Komposisi Bahan Makanan. 2009. Tabel Komposisi Pangan Indonesia.Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

[ISA] International Seafood of Alaska. 2002. Analysis of Fish Meal. Alaska. USA. Inc. Kodiak.




DOI: https://doi.org/10.37012/jkmp.v1i1.1185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Noviyanti Noviyanti, Ratna Mutu Manikam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Kesehatan Masyarakat Perkotaan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats