KOMUNIKASI SOSIAL ANAK USIA DINI PENGGUNA DUA BAHASA (Studi Fenomenologi terhadap Anak Usia Dini Pengguna Dua Bahasa)

akhmad sukhi ramdani

Abstract


Komunikasi merupakan satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sebagai mahluk sosial. Namun, dalam pelaksanaannya, seseorang harus terlebih dahulu memperoleh dan mempelajari bahasa yang digunakan pada lingkungannya untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain. Akan tetapi, bagaimana seorang anak yang memperoleh dua bahasa sejak usia dini ketika ia berkomunikasi dengan teman sejawatnya yang hanya menggunakan satu bahasa saja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi; penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Oktober 2019 yang berlokasi di Kabupaten Bekasi, Kecamatan Tambun Selatan, Kelurahan Jatimulya. Subjek pada penelitian ini adalah Rhea Khairusifa yang berumur 5 tahun. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa tingkat pemahaman dan penguasaan dalam menggunakan bahasa Indonesia bagi anak pengguna dua bahasa tidak sebaik anak yang hanya menggunakan satu bahasa saja.


Keywords


komunikasi, pemerolehan bahasa, pengguna dua bahasa.

References


Syahid, Ahmad Habibi. (2015). Bahasa arab sebagai bahasa kedua (kajian teoretis pemerolehan bahasa arab pada siswa non-native) Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban [Online], Volume 2 no.1 (diakses pada tanggal 29 Agustus 2019).

Indah, Rohmani Nur. (2008). Proses pemerolehan bahasa: dari kemampuan hingga kekurangmampuan berbahasa Vol 3, No 1 .http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php /humbud/index. (diakses pada tanggal 29 Agustus 2019)

Chaer, Abdul. (2009). Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chomsky, Noam. (1957). Syntactic Structures. The Hague: Mouton.

Hasbiansyah. (2008). Pendekatan fenomenologi: pengantar praktik penelitian dalam ilmu social. Journal Mediator vol.9 no.1 p.163-180


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 akhmad sukhi ramdani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats