PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KEGIATAN LDK (LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN) DALAM MENINGKATAN KETRAMPILAN KOMUNIKASI ANTAR-PRIBADI

mutmainatul mardiyah

Abstract


Pada tingkat pendidikan tinggi, proses pendidikan yang diterapkan kepada siswa adalah proses pembelajaran dari implementasi humaniora. Sejalan dengan standar pendidikan tinggi nasional, fakultas Teknik Industri Universitas Trisakti memiliki misi, yang salah satu misinya adalah mempersiapkan lulusan yang berpengetahuan luas, berbudi luhur sesuai dengan Trikrama dan Teknologi berbasis kewirausahaan. Dalam upaya menerapkan nilai kemanusiaan dan untuk mewujudkan misi di atas, siswa semester pertama selalu diprogram untuk mengikuti pelatihan kepemimpinan dasar atau LDK. Penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana persepsi siswa tentang LDK (Pelatihan Dasar Kepemimpinan) meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Teknologi Industri, Universitas Trisakti. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Persepsi mahasiswa teknik industri tentang LDK pada umumnya baik. Pencapaian semua indikator persepsi siswa tentang LDK mencapai 82,77% atau merupakan pencapaian yang sangat tinggi. (2) Program LDK yang dilaksanakan di Fakultas Teknologi Industri, Universitas Trisakti umumnya baik. Pencapaian semua indikator keterampilan komunikasi interpersonal siswa mencapai 81,66% atau itu pencapaian yang sangat tinggi. (3) Persepsi siswa tentang LDK telah berhasil diakui untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa di Fakultas Teknologi Industri, Universitas Trisakti. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan komunikasi interpersonal siswa dapat ditingkatkan dengan meningkatkan indikator persepsi siswa tentang LDK melalui program LDK. Ini membuktikan bahwa persepsi siswa tentang LDK dapat meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa


Keywords


students’ perception, leadership basic training (LDK), interpersonal communication skills, industrial engineering students

Full Text:

PDF

References


Ahmad, F. (2009). Students’ perception of the teachers’ teaching of literature communicating and understanding through the eyes of the audience. European Journal of social sciences, 7(3), 3-15.

- Ajibade, Y. A. & Ehindero, O. J. (2000). What our students say about how we teach. Ife Journal Education Studies, 7(1), 1-9.

- Cress, C. M., Astin, H. S., Zimmerman-Oster, K., & Burkhardt, J. C. (2001).Developmental Outcomes of College Students' Involvement in Leadership Activities. Journal of College Student Development, 42(1), 15-27.

- Gallagher, M.L., Marshall, J.C., Pories, M.L., Daugherty, M. (2014). Factors Effecting Undergraduate Leadership Behaviors. Journal of Leadership Education, 13(1), 46-56.

- Gibson, J.L., John M. Ivancevich, James H. Donelly Jr, & Robert Konopaske. Organizational:

Behavior, Structure, Processes, 2012, New York: Mc Graw-Hill. pp. 344-345. - Foreman, E.A. & Retallick, M.S. (2013). Using Involvement Theory to Examine Relationship Between Undergraduate Participation in Extracurricular Activities and Leadership Development. Journal of Leadership Education, 12(2), 56-73.

- Foubert, J.D. & Urbanski, L.A. (2006). Effects of Involvement in Clubs and Organizations on the Psychosocial Development of First-Year and Senior College Students. NASPA Journal, 43(1), 166-182.

- Kim, K. A., Sax, L. J., Lee, J. J., & Hagedorn, L. S. (2010). Redefining nontraditional

students: Exploring the self-perceptions of community college students. Community 67 College Journal of Research and Practice, 34, 402-422.

- Taylor, A., Bailey, A., Cooper, P., Dwyer, C., Kramarae, C. and Lieb, B., 2007. Gender equity in communication skill. Handbook for achieving gender equity through education, p.281.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 mutmainatul mardiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats