Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Jakarta

Eka Rista Harimurti

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang manajemen sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Jakarta. Penelitian ini mengambil lokus di LPKA Kelas II Jakarta. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang bertujuan untuk menggali informasi-informasi terkait dengan kondisi, permasalahan dan kejadian dari penyelenggaraan pendidikan sehingga dapat menghasilkan gambaran bagaimana manajemen sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan di LPKA Kelas II Jakarta. Dukungan data diperoleh melalui 6 (enam) sumber data yaitu dokumen arsip, rekaman arsip, wawancara, pengamatan langsung, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) perencanaan sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan didasarkan pada analisis kebutuhan. (2) pengadaan sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan bersumber pada dana pemerintah, sumbangan masyarakat, kerjasama dengan sudin setempat dengan memperhatikan kualitas dan fungsi. (3) pemeliharaan sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan dilakukan oleh petugas piket harian, pendidik dan anak didik (narapidana anak).


Keywords


Manajemen;Sarana;Prasarana;Penyelenggaraan Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Anak, T. S. D. P. dan P. (2017). Standar Pelayanan Anak di Lembaga Penempatan Anak Sementara (LPAS) (Pertama). Jakarta: Direktorat Bimbingan Pengentasan dan Pengentasan Anak Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Barnawi, Najihah, A., & M, A. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Harimurti, E. R. (2019). Supervisi Akademik Dalam Upaya Pembinaan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Buah Hati, 6(2), 78. Retrieved from https://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/?journal=home&page=article&op=view&path%5B%5D=87

Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Rugaiyah. (2010). Profesi Kependidikan Dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Setyaningsih, S. (2018). Pengelolaan Sarana Prasarana Dalam Implementasi Kurikulum Pendidikan Guru Sekolah Dasar (sebuah studi kasus di Universitas Negeri Semarang). Manajemen Pendidikan, 13(1), 62–71.

Winardi. (2000). Asas-asas Manajemen. CV. Mandar Maju.




DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v3i2.94

Data citation

https://jurnal.unibrah.ac.id/index.php/JIWP/article/view/110 Eka Rista Harimurti (2019). Manajemen Pembinaan Anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Jakarta Dalam Rangka Perlindungan Hak Anak Pidana

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Eka Rista Harimurti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats