Evaluasi Pelatihan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter pada Guru TK (Evaluasi Program Model Krikpatrik di Indonesia Heritage Foundation 2014)

Putri Ratih Puspitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pelatihan pendidikan karakter pada guru TK. Penelitian ini merupakan evaluasi program dengan menggunakan model kikpatrik yang terdiri dari reaksi, pembelajaran, perilaku dan hasil. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan yakni Januari hingga Februari tahun 2015. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, dan studi dokumen. Sumber data terdiri dari ketua kelompok, kader, peserta, pelaksanaan pertemuan, dan dokumendokumen BKB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada Dimensi reaksi , seluruh kriteria keberhasilan memenuhi indikator (2) Pada Dimensi pembelajaran, seluruh peserta mengalami peningkatan kompetensi dan dapat mempraktekkan pembelajaran (3) Pada Dimensi perilaku, seluruh indicator terpenuhi (4) Pada Dimensi hasil pelayanan pendidikan mendapat peningkatan yang sesuai dengan kriteria ideal.


Full Text:

PDF

References


BKKBN. Grand Design Pembinaan Ketahanan Keluarga Balita dan Anak 2012-2025. Jakarta, 2013.

BP3AKB Kab.Karanganyar. Kriteria Ideal BKB. Karanganyar, 2014.

Fitzpatrick, Jody L, James R Sanders, and Blane R Worthen. Program Evaluation (Alternative Approaches and Practical Guidelines). USA Pearson Education, 2004.

Hermino, Agustinus. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama , 2013.

Education, 2004.

Hermino, Agustinus. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama , 2013.

Mulyatiningsih, Endang. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung:Alfabeta,2013.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia,2010.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta,2010.

Suyono, Haryono. Pendidikan Perempuan Aset Bangsa. Jakarta : Yayasan Damandiri, 2003.

Unesco office Jakarta. A National Case Study on Early Childhood: INDONESIA. Jakarta, 2003.

Wirawan. Evaluasi : Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Depok: Rajawali Pers, 2012.




DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v1i1.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin



Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats