Hubungan Peran Pembimbing Akademik dengan Prestasi Belajar

Dina Martha Fitri, Nurhidayah Nurhidayah

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk diketahuinya hubungan peran pembimbing akademik dengan prestasi belajar. Metode penelitian menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Dengan populasi mahasiswa D-III Kebidanan tingkat II dan III. Dengan jumlah sampel 85 orang. Data yang dipakai adalah data primer menggunakan kuisoner yang di uji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Diolah dan dianalisis menggunakan Chi Square. Hasil penelitian didapatkan bahwa hasil belajar yang memuaskan yaitu sebanyak 78 (91,7%). Dan terdapat 66 (77,6%) responden mengatakan bahwa peran dosen pembimbing akademik aktif. Hasil uji staistik chi-square di dapatkan bahwa Ha di terima dengan kesimpulan bahwa ada hubungan yang bermakna antara peran pembimbing akademik dengan prestasi belajar responden. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Mayoritas mahasiwa D-III Kebidanan Tingkat II dan III memiliki prestasi belajar yang memuaskan dan memiliki dosen pembimbing akademik yang berperan aktif. Sehingga di sarankan untuk meningkatkan peran aktif sebagai motivator pada mahasiswa.


Keywords


Peran Pembimbing Akademik, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Ginting. (2014). Kiat Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.

Kamila. (2013). Faktor-faktor yang memepengaruhi prestasi belajar. Laporan Penelitian Mandiri.

Notoatmodjo S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Silitonga. (2014) 7 Langkah Dahsyat Menjadi Pembelajaran Hebat. Jakarta: Salemba Medika.

Syarifuddin A.(2012). Peranan Dosen Wali Bagi Mahasiswa. Jakarta: Salemba Medika

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sigit. (2012). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Jakarta : Trans Info Media.

Sujarweni. (2015) SPSS Penelitian. Jakarta : Trans Info Media.

Purwanto. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: TIM

Patmasari. Hubungan Peran Dosen Pembimbing Akademik dengan Prestasi Mahasiswa Tingkat II Program Studi D-III Kebidanan Hafsyah Medan 2013/2014. Kebidanan. 2014;10:40–1.

Yeni M. Hubungan Peran Dosen Pembimbing Akademik Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester VI di Akademi Kebidanan Pemkab Langkat Tahun 2010/2011. Kesehatan. 2011;9.




DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v3i1.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dina Martha Fitri, Nurhidayah Nurhidayah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats