Pengaruh Penguasaan Materi Matematika dan Pengetahuan Evaluasi terhadap Kualitas Tes Matematika Buatan Guru 2013

Asep Irwansyah

Abstract


Dalam proses pembelajaran, seorang guru pada prinsipnya dapat menggunakan alat testing buatan guru itu sendiri atau testing baku. Alat testing baku pada umumnya difokuskan untuk melengkapi butir-butir acuan normatif, berisi daftar skor sejenis yang diambil dari sampel siswa yang diasumsikan merepresentasikan populasi dimana tes direncanakan dapat digunakan. Sedangkan alat testing buatan sendiri digunakan jika guru ingin memperoleh informasi yang unik dan spesifik tentang para siswa. Namun pada umumnya tes buatan guru, baik tes formatif maupun sumatif belum dianalisis tingkat validitasnya, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukarannya. Sehingga tidak beralasan untuk mengatakan bahwa tes tersebut berkualitas atau tidak, meskipun telah diisusun berdasarkan pokok bahasan yang telah diajarkan dan tujuan intruksional yang telah ditetapkan. Guru sebagai dasar untuk memperbaiki proses belajar mengajar, dan sebagai dasar untuk memperbaiki program siswa pengukuran dan penilaian yang diberikan setelah selesai mengajar suatu satuan pelajaran akan dapat memberi informasi tentang kekurangan-kekurangan atau kesalahan yang ada, hingga guru dapat mengadakan perbaikan setepat-tepatnya.

Full Text:

PDF

References


Ahiri, J. 2008. Teknik Penilaian Kelas Dalam Pembelajaran. Cet ke-1, Jakarta: UHAMKA PRESS.

Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Cet ke-9, Jakarta: Bumi Aksara.

Ary Donald. 1982. Introduction to Research in Education. Diterjemahkan oleh Arief Furchan. Penelitian Dalam

Bidang Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.

Allen J. Mary dan Wendy M. Yen. 1979. Introduction to Measurement and Evaluation in Psyhology and Education.

California. Book Cole Publishing Company.

Anastasi Anne. 1976. Psychological Testing. London : Macmillan Publishing Co. Inc.

Athanasou, J & Lamprianou, I. 2002. A Teacher’s Guide To Assessment. Australia: Social Science Press.

Azyumardi dan Tim Penyusun. 2002. Ensiklopedi Islam Fas-Kal 2. Cet-10, Jakarta : Ichtiar Baru Van Hoeve.

Bambang P dan Lina P,J. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : . PT. RajaGrafindo Persada.

Budi Kuncoro. 2010. File:///D:/file%20down/mutu-tes-motivasi-sikap.html

Calengosi S. James. 1991. Evaluating Classroom Intruction. New York : Longman

Chocker, L and Algina, J. 1986. Introduction To Classical And Modern Test Theory. University Of Florida :Holt,

Rinehart And Winston, INC.

Cronbach L.J. 1984. Essential of Physiological, Testing . New York: Horner & Row Publisher.

Diknas. 2009. Penulisan Butir Soal. Internet. Direktorat Pendidikan Madrasah Departemen Agama. 2007. Sertifikasi Guru Dalam Jabatan. Jakarta : Direktorat Pendidikan Madrasah Departemen Agama.

Djaali dan Kadir. 2008. Metodologi Penelitian. Jakarta :Program Magister Penelitian dan Evaluasi, Universitas Negeri Jakarja.

Djaali dan Pudji M. 2008. Pengukuran Dalam Bidang pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.

Djamarah Bahri S. 1994. Prestasi Belajar Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional.

Faizah. 2001. Analisis Tes Matematika : Studi Korelasional Antara Penguasaan Matematika Guru dan Sikap Guru Terhadap Evaluasi dengan Kualitas Tes Matematika Buatan Guru. Jakarta : Tesis PPS UHAMKA.

Gaffar Fakry M. 1987. Perencanaan Pendidikan ; Teori dan Metodologi. Jakarta : Pengembangan LPTK Dikkti.

Gronlund N.E. 1993. How to Make Achievement Tes and Assessment. Massachussets: Allyn and Bacon.

Hayat Bahrul. 1994. Manual Item and Test Analisis. Jakarta: Dikbud.

Jurnal Penelitian dan Manajemen Pendidikan. 2006. Jakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Prof.

DR. HAMKA.

Kadir. 2010. Statistika(untuk penelitian ilmu – ilmu sosial) . Jakarta: Rosemata Sampurna.

Kerlinger Fred N. 1998. Azas-Azas Penelitian Behavior. Diterjemahkan oleh Landunf R. Simatupang. Yogyakarta :

Gajahmada University Press.

Kunandar. 2007. Guru professional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) dan Persiapan

Menghadapi Sertifikasi Guru. Edisi I, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Klenowski Val. 2004. Development Portofolis For Learning and Assessment Processes and Principles. London and

New york: RoutledgeFalmer Taylor & Francis Group.

LN Yusuf, S. 2004. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Cet ke-4, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mar’at. 1980. Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukurannya. Jakarta : Ghalia.

Meliono, Irmayanti, dkk. 2007. MPKT Modul 1. Jakarta : Lembaga Penelitian FEUI. File://D:/file%20down

/pengetahuan%201.htm.

Mehrens William A dan Lehmann Irvin J. 1973. Measurements and Evaluation in Education and Psychology. New

york : Rinehart and Winston Inc.

Moleong, L. J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet Ke-21, Bandung : PT. Remaja RosdaKarya.

Morris Lynn Lyons dan Gibbon Carol Taylor Fitz. 1986. How to Measure Achievement. London : Sage Publications.

Morgan Clifford T. 1986. Introduction to Psychology. New York : MC Graw Hill Book Company.

Muhammad, F & Djaali. 2005. Metodolodi penelitian Sosial. Edisi Revisi, Jakarta : Restu Agung.

Murwarni Santosa. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Cet ke-1, Jakarta :UHAMKA PRESS

____________________. Statistik Terapan Teknik Analisis Data. Jakarta : Program Pasca Sarjana Universitas

Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

________________ 2008. Model Proposal : Penelitian Eksperiment, Penelitian Survey, Penelitian Survey Kausal

dilengkapi dengan Path Analisysis ( Analisis Jalur ). Jakarta : Program Pasca Sarjana Universitas

Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

________________.2008. Metodologi Penelitian Ilmiah. Jakarta : Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah

Prof. DR. HAMKA.

_________________.2009. Suplemen Statistika. Jakarta : Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Prof.

DR. HAMKA.

Mudjijo. 1985. Tes Hasil Belajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Muhidin Ali Sambas dan Abdurahman Maman. 2007. Analisis Korelasi, Regresi, dan jalur Dalam Penelitian.

Bandung : Pustaka Setia.

Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nasution S. 1982. Didaktik Azas-Azas Mengajar. Bandung : Jemmars.

Nawawi Hadari. 1985. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Lembaga Pendidika. Jakarta: Gunung Agung.

Popham, W.J. 1995. Classroom Assessment What Teachers Need To Know. United States America : Allyn and Bacon.

Prasetyo, B dan Jannah, L.M. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif. Edisi ke-1, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Purwanto Ngalim. 1980. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Aksara

Ridwan dan Kuncoro Achmad E. 2007. Analisis Jalur ( Path Analysis). Cetakan Pertama. Bandung : Alfabeta.

Riduwan. 2009. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Rosyidi Imron. 2004. Profesi Kependidikan . Cet ke-4, Jakarta. WSP Group Jakarta.

Russefendi. 1988. Pengajaran Matematika Modern Untuk Orang tua Murid, Guru dan SPG. Bandung: Tarsito.

Sardiman A.M. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Setiadi Hari. 1999. Bank Soal Yang Dikalibrasi dengan Konsep IRT Memecahkan Masalah Permasalahanpermasalahan Pada Ujian-Ujian Sistematik Yang diadakan Periode-periode Tertentu. Jakarta. Dikbud.

________________. Kegunaan dan Keunggulan Mendesain Perangkat Tes Dengan Menggunakan Konsep IRT.

Bulletin. Pengujian dan Penilaian Pendidikan Jakarta. Depdikbud.

Singarimbun, M., 1986. Pedoman Praktis Membuat Penyusunan Penelitian. Cet ke-2, Jakarta, Ghalia Indonesia.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet ke-5, Bandung,

Alfabeta.

Sudiono Anas. 1998. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta PT. Raja Gravindo Persada.

Santoso Budi. 2007. Panduan Belajar Teori Tes. Jakarta, Jurusan Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Program Pasca

Sarjana Universitas Negeri Jakarta.

Somantri Ating dan Muhidin A. S. 2006. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Bandung. CV Pustaka Setia

Subana, Rahadi, M & Sudrajat. 2005. Statistik Pendidikan. Cet ke-2, Bandung, Pustaka Setia.

Sudijono Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Cet ke-15, Jakarta, RajaGrafindo Persada.

Sudarsono. 2001. Readers-3 Kumpulan Artikel & Makalah Metodologi Penelitian Bagi Mahasiswa Program Pasca

Sarjana. Program Pasca Sarjana UNY.

Sugandi, E & Sugiarto. 1994. Rancangan Percobaan Teori dan aplikasi. Cet ke-1, Yogyakarta, Andi Offset

Yogyakarta.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet ke-5, Bandung,

Alfabeta.

Suherman Uman. 2002. Psikologi Pendidikan Membangun Interaksi Pembelajaran Optimal. Publikasi Jurusan

Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Suherman Erman. 2002. Common Texbook Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jica UPI, Bandung.

Sujana. 2003. Teknik Analisis Regresi Dan Korelasi. Bandung. Tarsito

Sukardi, H.M. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Cet ke-1, Jakarta, Bumi Aksara.

Tayibnapis Yusup F. 2008. Evaluasi Program dan Intrument Evaluasi. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Tola Burhanudin. 2009. Modul Assessment Based On Class. Jakarta.

___________________. Modul Penilaian Berbasis Kelas. Jakarta.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik Konsep, Landasan teoritis-Praktis

dan Implementasi. Cet-1, Jakrta, Prestasi Pustaka Publisher.

Tim Penyusun Tesis dan Desertasi. 2009. Pedoman Tesis dan Desertasi. Jakarta, Program Pasca Sarjana Universitas

Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, UHAMKA Press.

Usman M.U. 2002. Menjadi guru professional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Uyanto Stanislaus, S. 2009. Pedoman Analisi Data dengan SPSS. Edisi 3, Jakarta. Graha Ilmu.

Umar J. 1991. Pengantar Penilaian Pendidikan : Sekelumit Tentang Teori Tes Prestasi Belajar. Jakarta : Pusisjian.

Wayan, N dan P.P.N Sumartana. 1986. Evaluasi Pendidikan. Cet ke-4, Surabaya. Usaha Nasional

Waluyo. 1987. Materi Pokok Penilaian Pencapaian Hasil Belajar. Jakarta: Karunika.

Wirawan. 2008. Profesi dan Standar Evaluasi. Cet ke-3, Jakarta. Yayasan Bangun Indonesia & UHAMKA

PRESS.Bandung : Rosdakarya.

W Gulo. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Cet ke-2, Jakarta. PT. Gramedia Widiarsarana Indonesia




DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v1i1.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin



Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats