KAJIAN PERUNDUNGAN PESERTA DIDIK SMA DAN YANG SEDERAJAT DI KECAMATAN PARE, KEDIRI JAWA TIMUR TAHUN 2021

maryam Sulaeman

Abstract


Kajian tentang Perundungan Anak Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Pare Tahun 2021 ini dilaksanakan di 5 SMA Negeri dan yang sederajat yang tersebar di beberapa kecamatan. Dari 5 SMA tersebut, 2 sekolah merupakan SMA negeri dan 3 sekolah lainnya merupakan SMA swasta. Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui permasalahan peserta didik Sekolah Menengah Atas yang terjadi di Kecamatan Pare. penelitian ini merupakan penelitian survei, di mana tujuan penelitian survei adalah untuk memberikan gambaran secara detail tentang latar belakang, sifat-sifat, serta karakter-karakter yang khas dari kasus atau kejadian suatu hal yang bersifat tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah menengah atas yang berada di Kota Pare pada tahun 2021. Untuk kasus ini yang dijadikan target penelitian adalah peserta didik Sekolah Menengah Atas, Sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan memakai teknik sampel yaitu non-random sampling. Ditemukan Faktor dominan yang menyebabkan perundungan dalam penelitian ini adalah faktor media sosial yang meningkat dikarenakan melandanya wabah Covid-19 di Indonesia yang mewajibkan semua kegiatan di dalam rumah. Hasil prosentase perundungan cyber untuk pelaku dan korban (84,5% dan 88,9 %)

Keywords; Perundungan, Sekolah Menengah Atas


Full Text:

PDF

References


Atmowidjoyo, S., Sulaeman, M., & Marlina, Y. (2020). The effect of Using Gadget in Academic Procrastination and Its Impact on Junior High School Students ’ Achievement, 29(6), 7021–7027.

Fleet, D. Van, White, L., & Fleet, E. W. Van. (2018). Baseballs or Cricket Balls: On theMeanings of Bullying and Harassment. Journal of Human Resource and Sustainability Studies, 06(01). https://doi.org/10.4236/jhrss.2018.61032

Henry, K. L., Lovegrove, P. J., Steger, M. F., Chen, P. Y., Cigularov, K. P., & Tomazic, R. G. (2014). The potential role of meaning in life in the relationship between bullying victimization and suicidal ideation. Journal of Youth and Adolescence, 43(2). https://doi.org/10.1007/s10964-013-9960-2

Krusir, N. (2021). Criminological analysis of bullying, its types, signs and methods of prevention. Slovo of the National School of Judges of Ukraine, (4(33)). https://doi.org/10.37566/2707-6849-2020-4(33)-7

Raihan, Durachman, Y., Sutrisna, A., Siregar, M., & Cahyono. (2020). Role of Family and Environment in the Use of Social Media and the Impact of Bullying Behavior in Junior High School. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(8), 5450–5457. Retrieved from https://www.psychosocial.com/article/PR280561/24240/

Seon, Y., & Smith-Adcock, S. (2021). School belonging, self-efficacy, and meaning in life as mediators of bullying victimization and subjective well-being in adolescents. Psychology in the Schools, 58(9). https://doi.org/10.1002/pits.22534

Suarez-Rochaa, D. C., & Rodríguez-Cárdenasb, D. E. (2021). Meanings of Bullying from the Perspective of Bystanders. Estudios Pedagogicos, 47(2). https://doi.org/10.4067/S0718-07052021000200231




DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v6i1.768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 maryam Sulaeman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats