Pengaruh Media Sosial dalam Pemahaman Pendidikan Seksual Peserta Didik Sekolah Menengah Atas di Pare, Kediri; Perspektif Guru dan Peserta Didik
Abstract
Abstrak
Media sosial yang sangat mempengaruhi kehidupan di dua tahun terakhir karena covid-19 telah mengakibatkan berubahnya kebiasaan hidup masyarakat Indonesia. Hal ini menjadikan media sosial satu-satunya jalan untuk menghilangkan kejenuhan di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap pemahaman pendidikan seksual peserta didik SMA dan sederajat di Pare, Kediri pada tahun 2021.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek media sosial yang begitu cepat dalam pemahaman pendidikan seksual remaja. Bentuk analisis yang digunakan adalah analisis mix method, dimana peneliti telah melakukan analsis kuantitative dan deskriptive yang terjadi melalui interview dan pengumpulan data yang terjadi dilapangan. Keunggulan memakai metode ini adalah penelitian dilakukan berdasarkan pemahaman yang baru yang kompleks, mendetail dan komprehensif. Analisis tersebut adalah; (1)Analisis Diskriminan (Discriminant Analysis), dan (2) Analisis Struktural Equation Modelling (SEM) Penelitian ini dilaksanakan di Pare, Kediri. Populasi dalam penelitian ini adalah 5 sekolah di Kecamatan Pare, 2 Sekoah SMA Negri dan 3 Sekolah SMA swasta dengan marjin error 5%. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive, dan hasil penelitian yang diperoleh antara lain ; a) adanya pengaruh yang sangat rendah antara media sosial dengan pemahaman pendidikan sex peserta didik SMA dan yang sederajat sebesar 1% , dengan spesifik pertanyaan bahwa peserta didik pernah membicarakan hal tersebut dengan sesama teman dan mendapat pembekalan di sekolah.
Full Text:
PDFReferences
Chaiwongroj, C., & Buaraphan, K. (2020). Development and effectiveness assessment of a sex education learning unit for Thai primary students. Journal of Health Research, 34(3). https://doi.org/10.1108/JHR-02-2019-0039
Goldfarb, E. S., & Lieberman, L. D. (2021). Three Decades of Research: The Case for Comprehensive Sex Education. Journal of Adolescent Health. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2020.07.036
Ibrahim Banat, B. Y., & Dayyeh, J. (2019). Sexual Education of Palestinian University Students: Between Perceptions and Cultural Barriers. Global Journal of Health Science, 11(7). https://doi.org/10.5539/gjhs.v11n7p112
Kantor, L., Levitz, N., & Holstrom, A. (2020). Support for sex education and teenage pregnancy prevention programmes in the USA: results from a national survey of likely voters. Sex Education, 20(3). https://doi.org/10.1080/14681811.2019.1652807
Krebbekx, W. (2019). What else can sex education do? Logics and effects in classroom practices. Sexualities, 22(7–8). https://doi.org/10.1177/1363460718779967
Lyu, J., Shen, X., & Hesketh, T. (2020). Sexual knowledge, attitudes and behaviours among undergraduate students in China—implications for sex education. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(18). https://doi.org/10.3390/ijerph17186716
Nadeem, A., Cheema, M. K., & Zameer, S. (2021). Perceptions of Muslim parents and teachers towards sex education in Pakistan. Sex Education, 21(1). https://doi.org/10.1080/14681811.2020.1753032
Rose, I. D., Boyce, L., Murray, C. C., Lesesne, C. A., Szucs, L. E., Rasberry, C. N., … Roberts, G. (2019). Key Factors Influencing Comfort in Delivering and Receiving Sexual Health Education: Middle School Student and Teacher Perspectives. American Journal of Sexuality Education, 14(4). https://doi.org/10.1080/15546128.2019.1626311
Shin, H., Lee, J. M., & Min, J. Y. (2019). Sexual knowledge, sexual attitudes, and perceptions and actualities of sex education among elementary school parents. Child Health Nursing Research, 25(3). https://doi.org/10.4094/chnr.2019.25.3.312
Thammaraksa, P., Powwattana, A., Lagampan, S., & Thaingtham, W. (2014). Helping teachers conduct sex education in secondary schools in Thailand: Overcoming culturally sensitive barriers to sex education. Asian Nursing Research, 8(2). https://doi.org/10.1016/j.anr.2014.04.001
https://voi.id/bernas/106820/ 19:59 Tahun 2021
DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v6i1.757
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Marlina - Yuli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.