Pengaruh Media Sosial dalam Pemahaman Pendidikan Seksual Peserta Didik Sekolah Menengah Atas di Pare, Kediri; Perspektif Guru dan Peserta Didik

Marlina - Yuli

Abstract


Abstrak

Media sosial yang sangat mempengaruhi kehidupan di dua tahun terakhir karena covid-19 telah  mengakibatkan berubahnya kebiasaan  hidup masyarakat Indonesia. Hal ini menjadikan  media sosial satu-satunya jalan untuk menghilangkan kejenuhan di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap pemahaman pendidikan seksual peserta didik SMA dan  sederajat di Pare, Kediri  pada tahun 2021.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek media sosial yang begitu cepat dalam pemahaman pendidikan seksual remaja. Bentuk analisis yang digunakan adalah analisis mix method, dimana peneliti telah melakukan analsis kuantitative dan deskriptive yang  terjadi melalui interview dan pengumpulan data yang terjadi dilapangan. Keunggulan memakai metode ini adalah  penelitian dilakukan berdasarkan pemahaman yang baru yang kompleks, mendetail dan komprehensif. Analisis tersebut adalah; (1)Analisis Diskriminan (Discriminant Analysis), dan (2) Analisis Struktural Equation Modelling (SEM) Penelitian ini dilaksanakan di Pare, Kediri. Populasi dalam penelitian ini adalah 5 sekolah  di Kecamatan Pare, 2 Sekoah SMA Negri dan 3 Sekolah SMA swasta dengan marjin error 5%. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive, dan hasil penelitian yang diperoleh antara lain ; a) adanya  pengaruh  yang sangat rendah antara media sosial dengan pemahaman pendidikan sex peserta didik SMA dan yang sederajat  sebesar 1% , dengan spesifik pertanyaan bahwa peserta didik  pernah membicarakan hal tersebut dengan sesama teman dan mendapat pembekalan di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Chaiwongroj, C., & Buaraphan, K. (2020). Development and effectiveness assessment of a sex education learning unit for Thai primary students. Journal of Health Research, 34(3). https://doi.org/10.1108/JHR-02-2019-0039

Goldfarb, E. S., & Lieberman, L. D. (2021). Three Decades of Research: The Case for Comprehensive Sex Education. Journal of Adolescent Health. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2020.07.036

Ibrahim Banat, B. Y., & Dayyeh, J. (2019). Sexual Education of Palestinian University Students: Between Perceptions and Cultural Barriers. Global Journal of Health Science, 11(7). https://doi.org/10.5539/gjhs.v11n7p112

Kantor, L., Levitz, N., & Holstrom, A. (2020). Support for sex education and teenage pregnancy prevention programmes in the USA: results from a national survey of likely voters. Sex Education, 20(3). https://doi.org/10.1080/14681811.2019.1652807

Krebbekx, W. (2019). What else can sex education do? Logics and effects in classroom practices. Sexualities, 22(7–8). https://doi.org/10.1177/1363460718779967

Lyu, J., Shen, X., & Hesketh, T. (2020). Sexual knowledge, attitudes and behaviours among undergraduate students in China—implications for sex education. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(18). https://doi.org/10.3390/ijerph17186716

Nadeem, A., Cheema, M. K., & Zameer, S. (2021). Perceptions of Muslim parents and teachers towards sex education in Pakistan. Sex Education, 21(1). https://doi.org/10.1080/14681811.2020.1753032

Rose, I. D., Boyce, L., Murray, C. C., Lesesne, C. A., Szucs, L. E., Rasberry, C. N., … Roberts, G. (2019). Key Factors Influencing Comfort in Delivering and Receiving Sexual Health Education: Middle School Student and Teacher Perspectives. American Journal of Sexuality Education, 14(4). https://doi.org/10.1080/15546128.2019.1626311

Shin, H., Lee, J. M., & Min, J. Y. (2019). Sexual knowledge, sexual attitudes, and perceptions and actualities of sex education among elementary school parents. Child Health Nursing Research, 25(3). https://doi.org/10.4094/chnr.2019.25.3.312

Thammaraksa, P., Powwattana, A., Lagampan, S., & Thaingtham, W. (2014). Helping teachers conduct sex education in secondary schools in Thailand: Overcoming culturally sensitive barriers to sex education. Asian Nursing Research, 8(2). https://doi.org/10.1016/j.anr.2014.04.001

https://voi.id/bernas/106820/ 19:59 Tahun 2021




DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v6i1.757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Marlina - Yuli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats