Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa

Yola Fatmasari, Luluh Abdillah Kurniawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah ada pengaruh status social ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di SMP Shidqia Islamic School. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total samping dengan jumlah sampel sebanyak 150 siswa di SMP Shidqia Islamic School Bekasi. Data yang digunakan adalah analisis regresi Y dan X sebesar 74.431+0.112 X. Dari analisis diperoleh t hit 7.289 dan p-value= 0,002< 0,05 atau Ho ditolak. Dengan demikian koefisien korelasi X dan Y adalah signifikan, sedangkan hasil pengujian regresi menunjukan bahwa koefisien determinan sebesar 0.393 atau 39,3%. Kondisi sosial ekonomi orang tua yang relatif rendah, sehingga pihak sekolah hendaknya memberikan petunjuk dan informasi kepada orang tua tentang adanya beasiswa yang jelas dan komprehensif agar siswa dapat mencapai hasil belajar yang prima, dan pihak sekolah serta orang tua juga memberikan motivasi yang maksimal kepada siswa. belajar menjadi kebiasaan yang dilakukan secara rutin.

 

Kata kunci: Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian. Rineka cipta.

Creswell, J. W. (2012). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, terj. Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djamarah, S. B. (1994). Prestasi belajar dan kompetensi guru. usaha nasional.

McClelland, D.C : Atkinson, J.W ; Clark, R.A & Lowell, E.L. 1975. The Achievement Motive. New York : Irvington Publishers, Inc.

Luthans, Fred, 1981, Organizational Psychological Research, NewYork, John Wiley & Sons Inc.

Morgan, C.T & R.A. King. 1975. Intoduction to Psychology. Tokyo : McGraw-Hill.

Soekanto, S. (2014). Sosiologi suatu pengantar.

Winkel W.S. 1983. Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Jakarta : PT. Gramedia. Winkel W.S. 1987. Psikologi pengajaran. Jakarta : PT. Gramedia.

Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1).

Siti, N. (2015). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas Vi Mi Negeri Batur Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016 Universitas Widya Dharma.

Yudhawati dan Danny. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kedisiplinan Siswa, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Di SMA Negeri 7 Surabaya. Jurnal




DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v5i1.726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yola Fatmasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats