Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Smk

Iis Lesnowati, Hafifi Hafifi

Abstract


Project Based Learning adalah metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada guru untuk mengelola pembelajaran di kelas dengan melibatkan proyek. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penerapan model pembelajaran project based learning (X) meningkatkan motivasi belajar ekonomi (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel penelitian menggunakan tenik random sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 51 siswa. Pengambilan data menggunakan intrumen yang valid dan reliabel. Analisis menggunakan regresi sederhana, hasil penelitian ini mengungkapkan : (1) Persamaan Regresi Linear Y = 47,278 + 0,367 X. (2) Penerapan model pembelajaran project based learning berpengaruh positif terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas X SMK. (3) Uji Signifikansi persamaan garis regresi F hit 0,023 > 0,05 dengan demikian regresi Y atau X adalah signifikan atau penerapan model pembelajaran project based learning berpengaruh terhadap motivasi belajar ekonomi siswa. (4) Koefisien kolerasi (rxy) = 0,317 dan Fhit  (Fchange) = 5,471, dengan p-value = 0,023  > 0,05. Dengan demikian keofisien kolerasi X dan Y yang berarti Signifikan.

Kata Kunci : Project Based Learning, Motivasi Belajar.


Full Text:

PDF PDF

References


Curtis, D. 2011. Project-Based Learning: Real-World Issues Motivate Students: Concrete, authentic project-based learning helps students illustrate core knowledge. (Online), http://www. edutopia.org, diakses 2 agustus 2011.

Dahlan, Ahmad. “Model Project Based Learning”, Blog Ahmad Dahlan.

http://www.eurekapendidikan.com/2014/12/model-project-based learninglandasan.html (13 September 2015)

Global SchoolNet.( 2000). Introduction to Networked Project-Based Learning.Diambil dari http://www.gsn.org/web/pbl/whatis.htm

Rezeki, Rina Dewi., dkk. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBl) Disertai dengan Peta Konsep Untuk meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Redoks Kelas x-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia(JPK), Vol. 4 No.1: 74-81.

Lestari, Tutik. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar menyajikan ContohContoh Ilustrasi Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Metode Pembelajaran Demonstrasi Bagi Siswa Kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah Wonosari. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Curtis, D. 2011. Project-Based Learning: Real-World Issues Motivate Students: Concrete, authentic project-based learning helps students illustrate core knowledge. (Online), http://www. edutopia.org. diakses 2 agustus 2011.

Kamdi, W. 2007. Pembelajaran Berbasis Proyek: Model Potensial untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran. (Online), http://waras khamdi.com/ pembelajaran-berbasis-proyek/ html. diakses 8 Agustus 2011.

Colley, K. 2008. Project Based Science Instruction: A Primer An Introduction and Learning Cycle for Project Based Science. Jurnal The Science Teacher, Vol 75:23-28.

Krajcik, J.S., Harold, S., dan Morten, F.V.L. 2008. How Do Geckos. Using Phenomena to Frame Project-Based Science in Chemistry Class. Jurnal The Science Teacher, Vol 75:38-49.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007.

Taufik, M. (2014). Pengaruh Pendekatan Open Ended terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMAN 5 Mataram. AgriSains, 5(1), 58–86.

Nurohman, Sabar. “Pendekatan Project Based Learning sebagai Upaya Internalisasi Scientific Method bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika”. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132309687/pro ject-based-learning.pdf. (25 Januari 2014).

Mutmainna, Aisya. “Kelebihan dan kekurangan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning)”, Blog Aisya Mutmainna. http://kerjaonlineaisah.blogspot.co.id/2014/08/kelebihan-dan-kelemahan-mod el.htm (13 september 2015).

Sugiyono. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta, 2005.

Susilowati, Indah, Retno Sri Iswari, dan Sri Sukaesih, “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistam Pencernaan Manusia", Jurnal online Universitas Negeri Semarang. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/2618/2408 (Diakses tanggal 13 September 2015).

Susriyati, dkk, “Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Ekosistem terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang”, Jurnal Online Universitas Negeri Malang. http://www.ummetro.ac.id/file jurnal/1%20Susriyati%20Univ.Negeri% 20Malang.pdf (Diakses tanggal 13 September 2015).

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cet. VII; Jakarta: Premada Media Group, 2010.v.




DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v5i2.652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Iis Lesnowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats