Hubungan Prokrastinasi Akademik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Akuntansi Pada Masa Pandemi Covid-19

Reny Sukmawati Yuhan, Muharam Yamleam

Abstract


Menunda menyelesaikan tugas atau Prokrasinasi akademik adalah salah satu masalah penting yang dihadapi siswa saat ini. Di masa pandemi seperti sekarang ini, keterlambatan penyelesaian pekerjaan rumah atau prokrastinasi akademik menjadi salah satu masalah penting yang dihadapi siswa-siswi dalam studinya, yang mengharuskan pemerintah menerapkan aturan Learning From Home (Belajar
Dari Rumah). Ini bertujuan untuk menekan penyebaran virus Covid-19 yang telah menyebar dengan cepat di Indonesia sejak awal Maret 2020 yang terus mengalami peningkatan jumlah kasus positif di Indonesia. Prokrastinasi akademik adalah keterlambatan dalam memulai atau menyelesaikan tugas yang harus diselesaikan oleh siswa. Berdasarkan peristiwa tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara prokrastinasi akademik terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 11 Kota Bekasi tahun ajaran 2020/2021. Dalam penelitian ini, penilis menggunakan metode penelitian yang bersifat kuantitatif korelatif yaitu mencari serta menetapkan adanya korelasi antara variabel – variabel penelitian. Pada penelitian ini variabel yang dimaksud yaitu prokrastinasi akademik dan prestasi belajar. Kuesioner skala Likert diujicobakan kepada 50 siswa sebagai subjek penelitian. Jumlah sampel penelitian merujuk pada tabel Isaac & Michael dengan signifikansi 5%. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan SPSS 20 for windows dengan menerapkan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji korelasi. Dalam
penelitian ini, disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara prokrastinasi akademik terhadap prestasi belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Candra, Ujang, Mungin Eddy Wibowo, and Ninik Setyowani. 2014. “Indonesian Journal of

Guidance and Counseling : Theory and Application.” 3(3):66–72.

Fauziah, Hana Hanifah. n.d. “Fakor-Faktor Yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik

Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Sunan Gunung Djati Bandung.” (105).

Jurnal, Kognisi. 2017. “MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS POTENSI

UTAMA Zuraida Fakultas Psikologi Universitas Potensi Utama Jalan K . L . Yos Sudarso

Km . 6 . 5 No . 3 A Tanjung Mulia Medan Abstrak.” 2(1):30–41.

Mccloskey, Justin, and Shannon A. Scielzo. n.d. “Finally !: The Development and Validation

of the Academic Procrastination Scale.”

Supriyadi, Supriyadi. 2020. “Pengaruh Kemandirian Dan Dukungan Orangtua Pada

Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Prestasi Belajar Dimasa Pandemi Covid-19.” Jurnal

Inovasi Pendidikan MH Thamrin 4(2):56–69. doi: 10.37012/jipmht.v4i2.434.




DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v5i2.651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Reny Sukmawati Yuhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats