Pengaruh Motivasi Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Prestasi Belajar di Masa Pandemi Covid-19

Kinanti Prameswari, Supriyadi Supriyadi

Abstract


Proses pendekatan dalam kegiatan belajar mengajar merupakan suatu hal yang sangat perlu untuk menarik siswa agar motivasi belajar meningkat. Hal ini perlu diupayakan peningkatan motivasi belajar siswa dalam masa pandemi covid-19 ini, karena akan berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas IX SMP Islam Al-Ikhlas Pondokgede Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19”. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei, Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Islam Al-Ikhlas Pondokgede di Kota Bekasi yang berjumlah 65. Jumlah sampel penelitian merujuk pada tabel Isaac & Michael dengan signifikansi 10% sebanyak 52. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen yang valid dan reliabel. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Disimpukan bahwa Prestasi Belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) siswa dipengaruhi oleh Motivasi Belajar peserta didik, Hal ini dapat dilihat dari perhitungan anova sederhana didapat nilai p-value lebih kecil dari 0,05 dengan demikian Ho ditolak, regresi Y atau X adalah signifikan atau Motivasi Belajar berpengaruh terhadap Prestasi Belajar IPS, dengan persamaan Y = 1,188 + 0,986 X,  demikian hipotesis penelitian didukung oleh data empiris

Kata Kunci: Motivasi, Prestasi Belajar, dan Pembelajaran Jarak Jauh.

Full Text:

PDF

References


Alder, H. 2001. Boost Your Intelligence, terjemahan Kristina Prianingsih. Jakarta: Erlangga,. Anwar, S. 2010. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rieka Cipta.

Bloom, B.S. 1981. Taxonomy of Educational Objective. Handbook I. New York: Xongman Inc.

Kerlinger, F. N. 2006. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Supriyadi. 2018. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Adversitas terhadap Hasil Belajar Videografi, Disertasi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

https://doi.org/10.37012/jipmht.v4i1.457 Intensitas Penggunaan Gawai Terhadap Kecerdasaan Emosional Mahasiswa.

http://jurnal.una.ac.id/index.php/jmp/article/view/1354 Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Video Pembelajaran Sebagai Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj)

https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/view/4922 Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa Dan Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Belajar

http://114.7.97.221/index.php/JAM/article/view/1822 Sosialisasi Inarisk Sebagai Upaya Pencegahan Dan Percepatan Penanganan Covid-19 Pada Masyarakat Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan

http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin/article/view/9616/5058 Memahami Pandemi COVID-19 dalam Perspektif Psikologi Sosial




DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v5i1.566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Supriyadi Supriyadi, Kinanti Prameswari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats