KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN LAYANAN SECARA DARING TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19

Rhoma Iskandar, Arie Widiyastuti, Nadia Rista, Ayu Nurul Amalia

Abstract


Pandemi Covid 19 telah meluluhlantahkan hampir seluruh kehidupan umat manusia di dunia, termasuk Indonesia. Institusi pendidikan dipaksakan untuk memberikan layanan secara daring. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap kualitas layanan (X1) dan kepuasan layanan (X2) terhadap loyalitas mahasiswa (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Jumlah sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengisi instrumen sebanyak 382 mahasiswa dari 799 mahasiswa semester akhir sebagai populasi. Pengambilan data menggunakan instrumen yang valid dan reliabel. Analisis data menggunakan regresi sederhana. hasil penelitian mengungkapkan: 1) Persamaan regresi linear ganda Ȳ = 1.812 + 0.223X1 + 0.183X2 2) Kualitas layanan berpengaruh positif terhadap Loyalitas mahasiswa; 3) Kepuasan layanan berpengaruh positif terhadap loyalitas mahasiswa 4) Terdapat pengaruh secara bersama-sama (simultan) kualitas layanan dan Kepuasan layanan terhadap loyalitas mahasiswa, 5) Koefisien determinasi Pengaruh Kualitas layanan Kepuasan layanan secara bersama-sama terhadap Loyalitas mahasiswa sebesar 63.7%.

Full Text:

PDF

References


Anwar, S. 2010. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rieka Cipta.

Asrul N.A. (2020) artikel dengan judul “Ekspektasi Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Pendidikan Secara Daring Selama Pandemi Covid 19”, terbit pada Vol 16 No 2. Link Vol 16 No 2 (2020): Jurnal Administrasi Publik Puslatbang KMP LAN

Bloom, B.S. 1981. Taxonomy of Educational Objective. Handbook I. New York: Xongman Inc.

Hartono K.B., dan Salim L., (2020) judul artikel “Pengalaman Pemasaran Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Dan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi”. Terbit pada Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume 23 . Nomor 02. Link https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/jebi/article/view/1215

Kerlinger, F. N. 2006. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Prawitasari, J. E. 1995. Mengenal Emosi Melalui Komunikasi Nonverbal. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM,.

Seniati, L. 2006. Psikologi Eksperimen. Jakarta: PT Intan Sejati Klaten.

Surapranata, S. 2003. Analisis, Penskoran, dan Interpretasi Hasil Tes, Modul.

Supriyadi. 2018. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Adversitas terhadap Hasil Belajar Videografi, Disertasi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta

Slameto. 1987. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Siagian, A.O. 2021 Analisis Kualitas Pelayanan Kepuasan Dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Pelanggan Go-Jek Pada Masa Pandemi Covid–19. Jurnal Akrab. Link. http://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/1384

Syah, M. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wagner. 1993. Perkembangan Psikologi Anak, terjemahan Rudi handoko. Jakarta: PT Gramedia.

Winkel W.S. 1987. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v4i2.477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rhoma Iskandar, Arie Widiyastuti, Nadia Rista, Ayu Nurul Amalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats