Mengembangkan Kreativitas Guru Paud Dalam Menulis Cerita Anak Berbasis Karakter Di Jakarta Dan Sekitarnya

Eva Riza, Muasisah Jadidah, Putri Ratih Puspitasari, Sisca Nurul Fadila

Abstract


Berdasarkan hasil penelitian masih banyak permasalahan dalam penyelenggaran pendidikan Anak Usia Dini, salah satu permasalahan yang ada adalah metode yang digunakan dalam menyampaikan materi pembelajaran agar potensi anak dapat dikembangkan melalui berbagai aktivitas. Salah satu metode yang menyenangkan adalah menggunakan metode bercerita di dalam kelas. Metode bercerita merupakan salah satu metode yang digunakan guru untuk mengembangkan aspek perkembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral (NAM). Belum semua guru mampu menggunakan media dan metode yang tepat untuk pembelajaran. Buku cerita dengan metode bercerita adalah sebagai sarana yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. Keterbatasan buku cerita dan keterbatasan guru dalam menulis cerita masih rendah, belum memahami tata cara penulisan sesuai kaidah, cara menemukan ide atau gagasan cerita anak.  Berdasarkkan  hal tersebut, perlu dilakukan pelatihan bagi guru PAUD, melalui kegiatan PkM Prodi PAUD UMHT dengan  mengadakan pelatihan menulis cerita bagi  guru PAUD di lingkungan sekolah sekitar wilayah Jakarta. Kegiatan ini bertujuan mengembangkan kreativitas guru PAUD dalam menulis cerita anak berbasis karakter. Metode pelaksanaan program ini dengan pelatihan dan pendampingan secara virtual, yaitu pelatihan dengan memberikan pemahaman  tentang sistematika penulisan cerita anak berbasis karakter  serta  guru  dilatih menulis cerita anak. Pelatihan ini diberikan kepada 14 orang guru  mulai bulan Agustus sampai dengan November 2020. Hasil pelatihan adalah terealisasinya 14 naskah cerita dengan nilai-nilai karakter yang telah dijadikan dalam satu buku dengan judul “Ontologi Cerita Anak Berbasis Karakter, Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini”. Hasil pelatihan didapat feedback hasil postest sebagai berikut; 64,3%  materi cerita sesuai dengan kebutuhan;71,4%  materi sangat mudah dipahami;64,3% bimbingan membantu menemukan ide dan membuat naskah cerita;57.1%  waktu dalam membuat naskah cerita cukup; dan  85,7%  termotivasi untuk membuat naskah cerita anak selanjutnya.Kegiatan ini belum difokuskan pada aplikasi keterampilan penyampaian cerita di kelas dikarenakan adanya pandemik Covid-19,  maka belum dapat diketahui sejauh mana hasil pelatihan ini berguna untuk mendukung peningkatan pembelajaran. Saran kegiatan pengabdian selanjutnya adalah melatih guru agar dapat mengaplikasikan di kelas dengan kegiatan pelatihan teknik bercerita  guna mengetahui  lebih lanjut keberhasilan pelatihan menulis cerita untuk guru PAUD.

 

Kata kunci: kreativitas guru PAUD, menulis cerita anak, berbasis karakter


Full Text:

PDF

References


“Ummaisyiyah Bekali para Guru Menulis Buku Cerita untuk Bangun Karakter Anak”, http: //www.umm.ac.id.html (akses 10 februari 2020).

Narwan, “Tanamkan Pendidikan Karakter melalui Dongeng”, https:siedoo.com/berita-6159 (akses 10 februari 2020).

“Bercerita untuk Anak Usia Dini”, http://www.anakku.net,html (akses 10 februari 2020).

Dongeng untuk Anak. Sanggar Dongeng Ardika. Ngestiharjo, Kasihan, bantul. 2006

Teknik Mendongeng untuk Anak, Kak Kusumo Priyono, Gramedia Press, 2007

Bahasa Indonesia Pengantar kemahiran Berbahasa di Perguruan Tinggi, Djoko Widagho, Jakarta ; PT Raja Grafindo, 1994

Kesulitan Belajar Perspektif, Assesmen dan Penanggulangannya, Martini Jamaris, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2014.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar PAUD, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.




DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v4i2.445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Riza, Jadidah, Puspitasari, Fadila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats