Pengaruh Kemandirian Dan Dukungan Orangtua Pada Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Prestasi Belajar Dimasa Pandemi Covid-19

Supriyadi Supriyadi

Abstract


Pandemi Covid-19 bukan saja memporakporandakan Indonesia akan tetapi  hampir sebagian besar kehidupan umat manusia di seluruh dunia. Pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kemandirian dan Dukungan Orang Tua pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) terhadap Prestasi Belajar Siswa. Tulisan ini didasarkan dari Penelitian kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa MTsN 7 Jakarta Timur yang berjumlah 617 siswa, Jumlah sampel penelitian merujuk pada tabel Isaac & Michael dengan signifikansi 5% sebanyak 221 siswa, menggunakan teknik Proportional random sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen yang valid dan reliabel. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Disimpukan bahwa tidak terdapat pengaruh kemandirian pembelajaran jarak jauh terhadap prestasi belajar siswa, terdapat pengaruh dukungan orang tua pada pembelajaran jarak jauh terhadap prestasi belajar, terdapat pengaruh kemandirian dan dukungan orang tua pada pembelajaran jarak jauh secara simultan terhadap prestasi belajar.

Kata Kunci: Kemandirian, Dukungan Orang Tua, Prestasi Belajar, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Ahmad, I. F. (2020). Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Di Indonesia. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195-222.

DOI: https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1136

Angga Dwiartama dan Intan Ahmad, 2020 “Tantangan dan Peluang Kuliah Daring di Perguruan Tinggi: Refleksi dalam Perspektif Pedagogi” dalam Potret Pendidikan Tinggi Di Masa Covid-19, Editor: Tian Belawati, dan Nizam. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, h. 79 – 93.

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah, 1(1), 82-93.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 152-159.

Fuad Abdul Hamied, 2020, Kuliah Daring di Era Covid-19: Perspektif Evaluasi Hasil Belajar, dalam Potret Pendidikan Tinggi Di Masa Covid-19, Editor: Tian Belawati, dan Nizam. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, h. 249 – 270).

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., ... & Hastuti, P. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Handayani, L. (2020). Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(2), 15-23.

DOI: https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2.36

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). ANALISIS EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SELAMA PANDEMI COVID-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), 246-253.

DOI: http://dx.doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p246-253

Maryani, K. (2020). Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19. Murhum, 41-52.

Nurkolis, N., & Muhdi, M. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212-228.

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535

Pramada, R., BURSTIANDO, R., & PUTRA, R. P. (2020). HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENJAS SECARA DALAM JARINGAN (DARING) SAAT PANDEMI COVID-19 DI MI SURYA UTAMA AL FAJAR DESA KEREP (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).

Qowaid Qowaid, Dedi Junaedi, Moh Romli, Amie Primarni (2020) Analisis Persepsi Civitas Akademika Terhadap Implementasi Perkuliahan E-Learning Selama Pandemi Covid-19: Studi Kasus IAI -N Laa Roiba Tahun 2020. Religious Education Social Journal, 2 (2), 114 – 141.

DOI: https://doi.org/10.47467/reslaj.v2i2.144

Saifulloh, A. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(02), 285-312. doi:10.36835/bidayatuna.v3i02.638.

Sa'dullah, M. (2020). PANDEMI COVID-19 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS PADA SISWA SMP N 1 BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG) TAHUN 2020 (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).

Setiawan, D., & Wicaksono, S. L. (2020). Evaluasi Usability Google Classroom Menggunakan System Usability Scale. Walisongo Journal of Information Technology, 2(1), 71-78.

DOI: http://dx.doi.org/10.21580/wjit.2020.2.1.5792




DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v4i2.434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Supriyadi Supriyadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats