Pengaruh Model Pembelajaran BCCT dan Kemandirian Terhadap Kreativitas Bermain Balok Anak Usia 4-6 Tahun di Kecamatan Ciracas 2012

Sri Mundariyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari bukti empiris tentang pengaruh model pembelajaran dan kemandirian terhadap kreativitas bermain balok. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Responden penelitian adalah anak usia 4-6 tahun di kecamatan Ciracas sebanyak 44 anak yang dipilih secara acak sederhana dari jumlah siswa keseluruhan 115 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan untuk instrumen kreativitas bermain balok adalah pengamatan dan instrumen kemandirian adalah dengan angket. Instrumen dikalibrasi dengan memakai uji validitas butir dan koefisien reliabilitas. Validitas butir dihitung dengan memakai koefisien korelasi product moment, sedangkan koefisien reliabilitas instrument dihitung dengan rumus Alpha Cronbach untuk instrumen kemandirian dan Hyot untuk instrumen kreativitas bermain balok. Persyaratan analisis data diuji dengan normalitas populasi (uji Liliefors) dan dengan homogenitas varians populasi (uji Barlett). Analisis data menggunakan annava dua jalur. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) kreativitas anak yang diberi model pembelajaran BCCT lebih tinggi daripada anak yang diberi model pembelajaran konvensional. Dari gambaran ini dapat dikatakan bahwa untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini dapat digunakan model pembelajaran BCCT; (2) Kreativitas anak yang diberi model pembelajaran BCCT pada kelompok siswa yang memiliki kemandirian tinggi lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi model pembelajaran konvensional. Dengan demikian untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini yang memiliki kemandirian tinggi dapat menggunakan model pembelajaran BCCT (3) Kreativitas anak yang diberi model pembelajaran konvensional pada kelompok siswa kemandirian rendah lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi model pembelajaran BCCT. Dengan demikian untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini yang memiliki kemandirian rendah dapat digunakan model pembelajaran konvensional; (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian terhadap kreativitas bermain balok anak usia dini.


Full Text:

PDF

References


Alisjahbana, Sultan Takdir. Kreativitas. Jakarta, Dian Rakyat, 1983.

Anastasi, Anne dan S. Urbina. Psychology Testing. New York: Prentice Hall International, 1997.

Anon, Creative: Play Helps Children Grow (www.nnc.org)

Anon. Program Kegiatan Belajar (Kurikulum) Kelompok Bermain. Jakarta: Depdiknas, 2001.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

Aschner, Mary Jane dan Charles E. Bish. Productive Thinking in Education. Washington DC: National

Educational Association, 1968.

Bean, Reinold. Cara Mengembangkan Kreativitas Anak, terjemahan Med. Meitasari Tjandrasa. Jakarta,

Erlangga, 1995.

Bloomberg, Marton. Theory and Research. New Haven: Collage and University Press, 1973.

Day, Barbara D. Early Childhood Education Development Experiental Teaching on Learning. USA:

MacMillan College, 1991.

Devito,Alfred et.al., Creative Teaching: A Practical Approach. London: Haper Collins Colegge Publisher, 1993.

Direktorat PAUD–Dirjen PLS & Pemuda. Modul Pembuatan dan Penggunaan APE (Alat Permainan

Edukatif) Anak Usia 3-6 tahun. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2003.

Docket, Sue; Marilyn Fleer. Play and Pedagogy in Early Childhood Bending The Rules. Australia Thomson Learning, 2002.

Gilmore, John V. The Productive Puerility. California: Albion Publishing Company, 1974.

Goble, Frank F. Madzhab Ketiga Psikologi Humanistik Abraham Maslow terj. A. Suratinya. Yogyakarta: Kanisius, 1987.

Gorman, Richard M. The Psychology of Classroom Learning in Inductive Approach. Ohio: Charles E. Merrill Publishing Company, 1974.

Hadi, Sutrisno. Statistik. Yogyakarta: Andi, 2001.

Hajar, Ibnu. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999.

Hendrick, Joanne. Total Learning Curriculum for Young Child. London: Merrill Publishing Company, 1986.

Hirsch, Elizabeth S. The Block Book. Washington DC :NAEYC, 1996.

Hurlock, Elizabeth B. Perkembangan Anak jilid I. Jakarta: Erlangga, 1997.

_______ . Personality Development. New Delhi: McGraw Hill, 1974.

Isbell, Rebecca. The Complete Learning Center Book. US: Gyrophon House, Inc., 1995.

Isenberg, Joan Packer; Mary Renck Jolonggo. Creative Expression and Play In Early Childhood. New Jersey : Merril Prentice Hall, 2001.

Kurikulum dan Hasil Belajar Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta : Pusat Balitbang Departemen Pendidikan Nasional, 2002),h.5

Margono, Latri M. Anak-Anak Pengungsi Masih dapat Kreatif Bermain, Studi Tentang Leasure, Makalah untuk Hari Anak Nasional, 2005.

Mc Dowell, http://www.mrsmcdowell.com/centers.htmt/Centerstolnclude..

Moeslichatoen. Metode Pengajaran Di Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Rineka Cipta, 1999.

Monks, F.J;. A.M.P. Knoers, Siti Rahayu Haditomo. Psikologi Perkembangan. Yogjakarta : Gajah Mada

University Press, 1991.

Mujito. Kemandirian dan Hasil Prestasi Belajar Mahasiswa. Laporan Penelitian, IKIP Padang, 1993.




DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v1i2.29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sri Mundariyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats