Korelasi antara Motivasi Belajar dengan Perencanaan belajar (Study kasus pada siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan)

Endang Iryani

Abstract


Pengajar atau guru dengan perencanaan mengajar merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Kemampuan guru dalam merencanakan belajar mengajar di dalam kelas mampu memberikan penilaian terhadap kemampuan seorang guru. Jika guru tidak bisa membuat perencaan belajar yang sesuai dengan keinginan siswanya dikelas maka guru tersebut dianggap gagal untuk menjadi seorang tenaga pendidik. Perencanaan belajar yang dibuat guru akan menjadi satu kesatuan dengan harapan siswa dikelas (motivasi). Guru bisa mengetahui harapan dan keinganan siswa dengan menganalisa dari karakter siswa tersebut. Motivasi yang melekat dalam diri siswa juga mempengaruhi gaya, dan tujuan siswa belajar dikelas. Sebab, motivasi secara tidak langsung mampu memberikan dorongan tersendiri terhadap keinginan siswa dalam belajar. Pada penelitian ini, peneliti mencoba mengadakan analisa terhadap perencanaan guru dan motivasi siswa dalam belajar mengajar. Peneliti mengambil objek pada siswa kelas 5 di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan. Dengan penelitian kuantitatif dan metode
penelitian T-Test, kesimpulan dari penelitian ini adalah: a) Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif perencanaan belajar siswa dengan motivasi belajar siswa pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan. Hal ini ditunjukkan dengan signifikansi koefisien thitung sebesar 10,115 pada taraf signifikansi 0,05. Dari hasil perhitungan diatas diperoleh nilai thitung (10.115) > ttabel (1,684), maka Ho ditolak dan Hi diterima atau dengan kata lain bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perencanaan belajar siswa dengan motivasi belajar siswa pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan. Hasil statistik tersebut menunjukkan bahwa perencanaan belajar siswa memberikan kontribusi yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Artinya makin baik perencanaan belajar siswa, maka akan semakin meningkat pula motivasi belajar siswa pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan. Perencanaan belajar siswa ditentukan oleh
indikator seperti psikologis, social, fisik, financial, pemenuhan kebutuhan, upah, keamanan kerja, kondisi kerja,status, prosedur, prestasi, pengakuan, pekerjaan, tanggung jawab, kemajuan. b) Dari hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan dapat dihubungi oleh perencanaan belajar siswa dengan signifikansi thitung 10.539 pada taraf signifikansi 0,05.Temuan tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan perencanaan belajar siswa secara bersama-sama dengan motivasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan. Prestasi
belajar dipengaruhi oleh indikator seperti ketelitian, fokus, bersikap adil, rasional, gunakan waktu, kecakapan, menyelesaikan tugas, persaingan yang sehat, perilaku, mengarahkan, iklim sekolah, potensi, jenjang pendidikan, melatih siswa, faedah.


Full Text:

PDF

References


Adelfer, 2000, Organizational Behavior, New Jersey : Prentice Hall Englewood Cliffs.

Agus Sunyoto, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit IPWI, Jakarta.

Bambang Wahyudi, 2003, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

B. Flippo, Edwin, 1996, Principle Of Manajemen, PT. Liberty, Yogyakarta.

David Mc Clelland, 2001, Memacu Masyarakat Berprestasi, (terj. Siswo Suyanti dan Wilhelmus W. Bakowatun), Intermedia, Jakarta.

Hadari Nawawi, 1992, Pengawasan Melekat, Erlangga, Jakarta.

Handoko T. Hani, 2001, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.

Handoko T. Hani, 1999, Manajemen, BPFE, Yagyakarta.

Handayaningrat Suwarno, 1998, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Ghalia.

Herzberg, Frederick, 2001, Organizational Behavior, The Management of Individual and Organizational Performance, Massachuseet-USA: Allyn-Bacon.

Jucius, Michael J, 2000, Personal Management, Charles E, Tuttle Company, Tokyo.

Krisna, Eri, 2003, Definisi Kualitas, PT. Rosda Karya , Jakarta.

Maslow Abraham, H., 2000, Motivasi dan Kepribadian, Jilid I dan II, Terjemahan Nurul Imam, Pustaka Binaan Pressindo, Jakarta.

Moh. Agus, Tulus, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Rineka Cipta.

Moh. As‟ad, 2001, Manajemen Motivasi, PT. Galaxy Karya Abadi, Jakarta.

Ndraha, Talizidhu ,2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Anugrah Ilmu, Jakarta.

Nitisemito, 2002, Manajemen Personalia, PT. Wahana Aksara. Jakarta.

Prayudi Atmosudirjo, 2002, Administrasi dan Manajemen Umum, Edisi I, Universitas Krisnadwipayana, Jakarta.

Robbins, 2000, Proses Pelayanan, PT. Indah Nusa Cipta, Jakarta.

Silalahi, Bennet, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen LPMI.

Siagian, Sondang, 2003, Manajemen SDM, Bumi Aksara, Jakarta.

Siagian, Sondang, 2003, Manajemen SDM, Bumi Aksara, Jakarta.

Siagian Sondang, 1998, Peranan Staff dalam Manajemen, Gunung Agung Jakarta.

Simamora, Henry, 1999, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Bagian Penerbitan STIE YKPN, Yogyakarta.

Soewarno Handayaningrat, 2004, Pengantar Study Ilmu Administrasi dan Manajemen, Gunung Agung, Jakarta.

Stoner, James A.F. dan Freeman, 2000, Manajemen, Erlangga, Jakarta.

Tjiptono, 1999, Pengetian Kualitas, PT. Grafika Intermedia Cipta, Jakarta.

The Liang Gie dan Sutanto, 1997, Pengertian, Kedudukan dan Perincian Ilmu Administrasi, Cetakan Kedua Karya Kencana, Yogyakarta.

Victor Vroom, 2002, The Motivation to Work, New York Wiley.

Viencent, Gosperz, 2001, Personnel Management, 3rd Eition. Restoran Publising Company Inc.




DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v1i2.24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Endang Iryani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats