Asesmen Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar

Chandra Sagul Haratua, Anggraini Dewi Dessuko, Asria Mawarda, Dhika Damayanthi, Hana Suryaningtyas, Wulan Tisahyuning Tyas

Abstract


Salah satu pendekatan yang cukup berperan dalam dunia pendidikan belakangan ini adalah diterapkannya Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia, dimana kurikulum ini berfokus pada pemberdayaan siswa untuk dapat berperan aktif dalam kegiatan proses pembelajaran yang dilakukan. Tujuan pada penelitian ini menitik beratkan pada eksplorasi praktek penilaian sesuai dengan konteks Kurikulum Merdeka Belajar pada sebuah sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam mengumpulkan data melalui wawancara beberapa guru, kepala sekolah dan praktisi pendidikan lainnya serta studi literasi untuk memperkuat hasil pada penelitian ini. Dari Penelitian ini kita menemukan bahwa perlunya pendampingan yang lebih baik untuk para guru untuk dapat mengembangkan keterampilan dan pemahaman dalam melaksanakan asesmen pada kurikulum ini agar dapat dilaksanakan dengan baik. Semoga dengan adanya penelitian ini memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai asesmen pada Kurikulum Merdeka Belajar secara khusus, dan pendidikan Indonesia pada umumnya.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v7i2.1911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Chandra Sagul Haratua

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats