Menerapkan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasan Toilet Traning Dengan Metode Drill Pada Anak Usia Dini Di PAUD KB Tiara Cibinong Bogor

Sopiah Sopiah, Asep Irwansyah

Abstract


Kemandirian buang air kecil dan buang air besar, merupakan aspek dasar yang harus dikuasai anak sebelum menguasai kemampuan bina diri lainnya. Hal ini disebabkan karena kegiatan buang air kecil dan buang air besar adalah kegiatan yang selalu dilakukan manusia secara rutin setiap hari.  Tujuan utama penelitian ini adalah Tujuannya untuk meningkatkan pendidikan karakter melalui kemampuan bina diri buang air kecil pada  siswa    dengan  memperbaiki  pembelajaran  bina  diri  melalui  metode latihan (drill).  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan di PAUD KB Tiara Cibinong Bogor.  Setting yang digunakan dalam penelitian ini adalah di dalam kelas. Setting di dalam kelas  dan toilet untuk mengetahui kemampuan bina diri buang air kecil dalam proses pembelajaran dan mengetahui seberapa besar peningkatan  kemampuan  bina  diri  dengan  menggunakan  metode  latihan (drill). Penelitian ini dilakukan di PAUD KB Tiara Cibinong Bogor , pada mata pelajaran keterampilan bina diri untuk meningkatkan kemampuan bina diri buang air kecil siswa  usia 3-4 tahun dengan sampel  sensus (sampel jenuh) jumlah siswa 10. Berdasarkan presentase pencapaian yang diperoleh subjek menunjukkan bahwa penggunaan metode latihan (drill) pada pembelajaran bina diri dapat meningkatkan kemampuan buang air kecil anak autis. Oleh karena itu, metode latihan (drill) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode yang digunakan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan buang air kecil anak sehingga karakter anak akan menjadi lebih teratur, disiplin dan rapih.  Guru diharapkan lebih intensif dalam memberikan pembelajaran buang air kecil dengan menerapkan langkah-langkah ataupun tahapan buang air kecil dalam pembelajaran dan guru diharapkan lebih kreatif dalam mengembangkan metode latihan dengan pemberian reward yang bervariasi agar anak aktif dan tidak mudah bosan dalam belajar. Serta hendaknya guru selalu memberikan dorongan berupa pujian kepada siswa   agar   siswa   menjadi   lebih   memiliki   kepercaya   diri   dan bersemangat sehingga termotivasi untuk melakukan hal yang lebih baik

 

Kata Kunci : Toilet Training, Metode Drill,Pendidikan Karakter


Full Text:

PDF

References


Astati dkk. 2003. Pendidikan dan Pembinaan Karier Penyandangan Tunagrahita Dewasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Abdullah ldi. 2014. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Eva Rosmaini. 2015. Peningkatan Kemampuan Bina Diri Anak Dalam berpakaian melalui metode latihan (Drill) di Sekolah Khusus Bina Anggita . Skripsi. : UNY.

Elizabeth B Hurlock, 1998 Psikologi Perkembangan, Jakarta : Erlangga

Hallahan, D. P., Kauffman, J. M., & Pullen, P. C. (2009). Exceptional Learners: An Introduction to Special Education (11th Ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.

Haryanto. 2007. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Joko Yuwono. 2009. Memahami Anak (Kajian Teoritik dan Empirik). Jakarta: Alfabeta.

K.A. Kroger & Rena Sorensen. 2009. Toilet Training Individual’s With m and Other Developmental Disabilities: A Critical Review. U.S.A: Kelly O’Leary Center for m Spectrum Disorders.

Kristen O’hearn. et al. 2008. Neurodevelopmental and executive function in m. Pittsbrugh: University of Pittsburgh Development an Psychopathology.

Maria J Wantah.2007. Pengembangan Kemandirian Anak Tunagrahita Mampu Latih. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jendral Perguruan Tinggi dan Direktorat Ketenagaan.

Mumpuniarti. 2003. Ortodidaktik Tunagrahita. : Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri .

Ngalim Purwanto. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Parjono, dkk. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. : Lembaga Penelitian UNY.

Rahyubi, Heri. 2012. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung : Nusa Media.

Rini Hildayani, dkk. 2007. Penanganan Anak Berkelainan. Jakarta: UniversitasTerbuka.

Heri Gunawan. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabet

Roestiyah. N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Soekidjo Notoatmojo, Prof. Dr . 2010 . Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta ; PT Rineka Cipta

Sugihartono. dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. : UNY Press.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: P.T. Rineka Cipta.

Sunarso. dkk. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan. : UNY Press.

Susan E. Levy, dkk. 2009. m. Philadelphia: Department of Psychiarty, University of Pennsylvania, School of Medicine, Center for m Research, The Lancet, Volume 374, Issue 9701.

Sutadi Rudi. 2011. me & ABA (Applied Beavior Analysis / Metode Lovaas).

Surabaya: Makalah Mengajar Serta Melatih Komunikasi dan Bicara Pada Anak

tik Menggunakan ABA. Hlm. 1-203.

Terry P. Klassen, dkk. (2006). The Effectiveness of Different Methods of Toilet Training for Bowel and Bladder Control. U.S.A.: AHRQ Publication No. 07- E003.

Theo Peeters. 2009. Panduan tik Terlengkap. Jakarta: Dian Rakyat.

Tim Redaksi Pustaka Baru. 2014. Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945. : PT. Pustaka Baru.

Wina Sanjaya. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zainal Aqib, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK.

Bandung: Yrama Widya.




DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v4i1.127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sopiah, Irwansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats