Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pendidikan Agama Islam

Nur Irsyadiah, Yuli Marlina, Deni Iskandar, Endah Dwi Lestari

Abstract


Pemerintah melakukan reformasi pembelajaran yang signifikan akibat persoalan kualitas pembelajaran dan pencapaian kompetensi siswa. Kurikulum 2013 dirilis pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif analisis. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner telah dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa implementasi pendekatan saintifik yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sudah dilaksanakan namun belum maksimal pada tahap pengumpulan informasi. Berdasarkan hasil angket siswa memperoleh 75,56%, pada kegiatan penalaran diperoleh 79,92%. Kendala yang dihadapi guru dalam pendekatan saintifik adalah waktu pembelajaran yang singkat, sehingga penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI belum maksimal. Sedangkan dalam penerapan pendekatan saintifik membutuhkan waktu yang lama untuk menerapkan 5 tahapan tersebut. Untuk penelitian selanjutnya diperlukan model pendekatan saintifik yang dikolaborasikan dengan media teknologi untuk memaksimalkan pendekatan saintifik dengan durasi waktu yang singkat

Full Text:

PDF

References


Asmaranti, W., Sasmita, P. G., & Wisniarti. (2018). Desain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, (December 2017).

Dewi, I. G. A. T. S. U., Juniarta, P. A. K., & Mahendrayana, G. (2021). THE IDENTIFICATION OF CHARACTER EDUCATION ON JESSE AARONS’ CHARACTERIZATION IN BRIDGE TO TERABITHIA BY KATHERINE PATERSON. International Journal of Language and Literature, 5(1). https://doi.org/10.23887/ijll.v5i1.31665

Jailani, M., Widodo, H., & Fatimah, S. (2021). Pengembangan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan Islam, 11(1).

Joharia, S., Nawaj, & Iswahyudi, D. (2021). Penerapan Pendidikan Budi Pekerti Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa di Pondok Pesantren. Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1).

Liana, D. (2020). Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(1). https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.92

Marlina, Y., & Cahyono, C. (2022). A Conceptualization of Online Collaborative English Learning for Undergraduate Students in the New Normal Post Covid-19 Era. EDUTEC : Journal of Education And Technology, 5(3), 625–639. Retrieved from http://ejournal.ijshs.org/index.php/edu/article/view/317

Ritonga, A. A. (2017). PENDEKATAN SAINTIFIK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 41(1). https://doi.org/10.30821/miqot.v41i1.339

Riwan Putri Bintari, N. L. G., Sudiana, I. N., & Bagus Putrayasa, I. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik ( Problem Based Learning ) Sesuai Kurikulum 2013 Di Kelas Vii Smp Negeri 2 Amlapura. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Rohmawati, S., Sihkabuden, & Susilaningsih. (2018). Penerapan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran IPA di MTs Putri Nurul Masyithoh Lumajang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3).

Sulastri, S., Supriadi, U., & Rahmat, M. (2015). IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 2 DAN SMP NEGERI 5 KOTA BANDUNG TAHUN 2015. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 2(1). https://doi.org/10.17509/t.v2i1.3408




DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v6i2.1210

Refbacks



Copyright (c) 2022 Marlina - Yuli, Nur - Irsyadiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats