Pengaruh Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Topik Akuntansi

Indah Nur Asniar, Irvia Eriza

Abstract


Pemberian tugas merupakan metode yang dapat digunakan dalam melatih siswa agar terampil memecahkan masalah akuntansi dan meningkatkan hasil belajar/hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X akuntansi SMKN 7 Kota Bekasi yang berjumlah 106 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, hasil belajar dan kisi-kisi instrumen. Analisis data menggunakan deskriptif umum dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Analisis korelasi regresi Y dan X Y = -0,357 + 1,024 X. Regresi Y atau X signifikan, (2) Uji signifikan koefisien korelasi (rxy) = 0,949 dan Fhit (F perubahan) = 313,950 , dengan p-value = 0,000 < 0,05 yang artinya koefisien korelasi X dan Y signifikan dan signifikan, (3) Koefisien determinasi R square = 0,900 artinya 90% variasi hasil belajar dapat dipengaruhi oleh penugasan, (4) Dari hasil analisis diperoleh hasil = 17,719 dan p-value = 0,000/2 = 0,000 < 0,05 atau Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian tugas berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti sekolah dengan jumlah dan kualitas siswa yang berbeda untuk meneliti faktor-faktor lain yang berhubungan dengan hasil belajar, yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Arief, M. T. (2019). Pengaruh Pelakasanaan Metode Tugas Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 24 Kota Bengkulu. Skripsi.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.

Baran, M., Baran, M., Karakoyun, F., & Maskan, A. (2021). The influence of project-based STEM (PjbL-STEM) applications on the development of 21st century skills. Journal of Turkish Science Education, 18(4), 798-815. https://doi.org/10.36681/tused.2021.104

Bond, M. (2020). Facilitating student engagement through the flipped learning approach in K-12: A systematic review. Computers & Education, 151, 103819. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103819

Caena, F., & Redecker, C. (2019). Aligning teacher competence frameworks to 21st century challenges: The case for the European Digital Competence Framework for Educators (Digcompedu). European Journal of Education, 54(3), 356-369. https://doi.org/10.1111/ejed.12345

Cole, A. W., Lennon, L., & Weber, N. L. (2021). Student perceptions of online active learning practices and online learning climate predict online course engagement. Interactive Learning Environments, 29(5), 866-880. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1619593

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa (1st ed.). Deepublish.

Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. PT. Rineka Cipta.

Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 27-48.

Hosen, M., Ogbeibu, S., Giridharan, B., Cham, T. H., Lim, W. M., & Paul, J. (2021). Individual motivation and social media influence on student knowledge sharing and learning performance: Evidence from an emerging economy. Computers & Education, 172, 104262. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104262

Husaini, F. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Quadrant.

Kim, S., Raza, M., & Seidman, E. (2019). Improving 21st-century teaching skills: The key to effective 21st-century learners. Research in Comparative and International Education, 14(1), 99-117. https://doi.org/10.1177/1745499919829214

Murapi, I., Basarudin, & Dwiana, F. Y. (2020). Pengaruh Pemberian Tugas Rumah terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran IPS Akuntansi. Rekan: Riset Ekonomi, Akuntansi dan Perpajakan, 1(2), 1-10.

Pratama, H., Yusro, A. C., Wardana, Y. S., & Cahyono, N. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Siswa di SMK PGRI 1 Mejayan pada Materi Kelistrikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 276-175.

Sari, F. F., & Aisyah, S. (2021). Pengaruh Metode Pemberian Tugas terhadap Hasil Belajar Matematika. Jago MIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(2), 84-98. doi:10.53299/jagomipa.v1i2.65

Sari, V. K., & Wahjudi, E. (2021). Pengaruh Intensitas Pemberian Tugas terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Edukasi, 9(2), 77-86.

Siadah. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 26 Tanjung Jabung Timur Jambi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Syaifuddin.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi. (2019). Metodologi Penelitian & Teknik Penulisan Karya Ilmiah. (M. Nasrudin, Ed.) Penerbit NEM.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920




DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v6i2.1097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indah Nur Indah Asniar, Irvia Irvia Eriza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats