Pengaruh Stimulasi Psikososial Oleh Ibu Terhadap Perkembangan Balita Usia 1-3 Tahun Di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Manggar Kabupaten Belitung Timur Tahun 2022.

Sri Anggriani, Risza Choirunnisa

Abstract


Angka kejadian keterlambatan perkembangan di Amerika Serikat berkisar 12-16%, Thailand 24%, dan Argentina 22%, sedangkan di Indonesia antara 13%-18% (WHO, 2019). Menurut UNICEF tahun 2020 didapat data masih tingginya angka kejadian gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada anak usia balita khususnya gangguan perkembangan motorik didapatkan (27,5%) dan di Indonesia gangguan perkembangan bervariasi 12.8% s/d 16% sehingga dianjurkan melakukan observasi/skrining tumbuh kembang pada setiap anak. Tujuan penelitian untuk Mengetahui Pengaruh Stimulasi Psikososial Oleh Ibu Terhadap Perkembangan Balita (1-3 Tahun) di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Manggar. Penelitian ini menggunakan rancangan menguji pengaruh antara masing-masing variabel bebas dan variabel terikat, yaitu variabel stimulasi psikososial oleh ibu dengan perkembangan anak balita (1-3 tahun) dengan menggunakan uji non parametric “Chi Square” atau “ ” dengan taraf kemaknaan 5%, maka null hipotesis (Ho) ditolak atau ada pengaruh stimulasi psikososial oleh ibu tentang perkembangan balita (1-3 tahun).  dengan desain cross cestional. Populasi dalam penelitian ini adalah 60 orang ibu yang memiliki anak balita (1-3 tahun) yang memiliki kriteria. Sampel yang di gunakan adalah sebagian jumlah dari karakteristik yang dimiliki oleh populasi. Teknik sampling adalah cara-cara yang ditempuh dalam pengambilan sampel, agar memperoleh sampel yang benar-benar sesuai dengan keseluruhan subjek penelitian. Instrumen dalam penelitian menggunakan Kuesioner Pengukuran Stimulasi Home observation for Measurement of the environment (H0ME) dan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Analisis yang digunakan Analisis univariat dan Analisis Bivariat. Hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara stimulasi psikososial pada karakteristik dan stimulasi psikososial bagi anak dapat di peroleh dari lingkungan keluarga, hal ini dibuktikan bahwa stimulasi psikososial mempengaruhi perkembangan kognitif dan Hasil uji chi square dengan signifikasi 0,05 didapatkan nilai p adalah artinya adalah nilai (P Value<0,05). Diharapkan penelitian ini dijadikan sebagai bahan masukan dan evaluasi dalam memberikan pelayanan tumbuh kembang anak dengan stimulasi deteksi dini tumbuh kembang pada anak, serta dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap manajemen perkembangan anak.


Full Text:

PDF

References


Soetjiningsih. 2016. Tumbuh Kembang Anak. jakarta: EGC

Hidayat. 2019. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak 1. Jakarta: salemba medika.

Muslihatun, N. (2020), Asuhan Neonatus Bayi dan Balita. Yogyakarta: Fitramaya

Kemenkes RI. 2020. Profil Kesehatan Indonesia 2015. Jakarta: Kementerian Kesehatan Reprublik Indonesia

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan, PT. Rineka Cipta, Jakarta

Notoatmodjo, (2017). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta

Nurdiansyah,N. (2019), Buku Pintar Ibu dan Bayi. Jakarta: Bukune

Riyadi, S & Ratnaningsih, I, (2019). Tumbang Cara Praktis Orang Tua untuk Memantau Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wiyani. 2018. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Putra. 2017. Keperawatan Anak Dan Tumbuh Kembang. Yogyakarta: Nuha Medika.

Goleman, D. 1997. Kecerdasan Emosional. T. Hermayo, penerjemah. Jakarta :PT Gramedia Pustaka Utama

Amanda, A. (2016). Hubungan asupan zat gizi (energi, protein, besi dan seng), stunting dan stimulasi psikososial dengan status motorik anak usia 3-6 tahun di PAUD wilayah binaan puskesmas kecamatan Kebayoran Lama tahun 2014. Skripsi , UIN Syarif Hidayatullah , Jakarta.

Hayuningtyas, (2019). Peranan Stimulasi Psikososial Dalam Mengoptimalkan Perkembangan Usia Toddler. Kediri: Strada Press

Sudiman 2018, Stimulasi Psikososial Keluarga oleh Orang Tua terhadap Perkembangan Anak Usia 12-36 Bulan. Jakarta

Jurnal Ilmu Kesehatan

Chandriyani 2019, Nilai Anak, Stimulasi Psikososial, Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia 2-5 Tahun Pada Keluarga Rawan Pangan Di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Jurnal Ilmu Kesehatan




DOI: https://doi.org/10.37012/jik.v14i1.809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sri Anggriani, Risza Choirunnisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats