PERILAKU IBU PENGGUNA SMARTPHONE TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK PRASEKOLAH DI TK HARAPAN I JAKARTA

Neli Husniawati, Nur Risma Ufadilla

Abstract


Indonesia menduduki peringkat pertama dalam penggunaan smartphone di Asia Tenggara dengan 57,7 juta pengguna dan
berdasarkan jenis kelamin 76% penggunanya adalah wanita. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan perilaku ibu
pengguna smartphone terhadap perkembangan anak prasekolah di TK Harapan I.  Penelitian ini menggunakan desain
penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional dan  jumlah sampling  sebanyak 94 reponden. Hasil
penelitian didapatkan bahwa 45 responden memiliki perilaku penggunaan smartphone tinggi yaitu sebesar 55,6% (25
orang). Untuk perkembangan anak sebagian besar perkembangan anak prasekolah mengalami Suspect yaitu sebesar 57,8%
(26 orang). Dari hasil uji statistik didapatkan p-value = 0,014 dan nilai OR =  5,881 (95% CI.1,605-21,552) sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara perilaku ibu pengguna smartphone terhadap perkembangan anak
prasekolah di TK Harapan I. Kesimpulannya adalah perilaku ibu pengguna smartphone turut mempengaruhi terhadap
perkembangan anak prasekolah. Diharapkan khususnya para ibu dapat menjadikan penelitian ini sebagai bukti yang dapat
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga para ibu termotivasi untuk menstimulus anak dengan menggunakan
smartphone dengan bijak. 
 
Kata Kunci: perilaku, ibu, smartphone, perkembangan anak prasekolah

Full Text:

PDF

References


Jafri, Yendrizal. & Ovari, Isna. (2015). Hubungan Pemberian Stimulasi Sosialisasi dengan

Perkembangan Sosialisasi pada Anak Prasekolah Umur 3-6 Tahun di Posyandu Kelurahan Pintu Kebun

Kota Bukittinggi Tahun 2015. Diperoleh pada tangga 24 Mei 2017 dari http://stikesperintis.ac.id//

Joni. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (3-5

Tahun) Di Paud Al-Hasanah Tahun 2014. Diperoleh pada tanggal 21-07-2017 dari

http://journal.stkiptam.ac.id/

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Orang Tua Kunci Utama Tumbuh Kembang Anak.

Diperoleh pada tanggal 15 Juni 2017 dari http://www.depkes.go.id

Lestari, Inda., Riana, Agus. W., & Taftarzami, Budi. M. (2015). Pengaruh Gadget Pada Interaksi Sosial

Dalam Keluarga, volume 2, 204-209. Di peroleh pada tanggal 06 Juni 2017, dari http://fisip.unpad.ac.id/

Lusiana. (27 Maret 2016). Ibu Sibuk dengan Ponsel, Tumbuh Kembang Anak Jadi Terhambat. National

Gergraphic Indonesia. Diperoleh pada tanggal 04 Mei 2017 dari http://nationalgeographic.co.id/

Medise, Bernie. E., 2013. Mengenal Keterlambatan Perkembangan Umum Pada Anak. Ikatan Dokter

Anak Indonesia. Diperoleh pada tanggal 05 Mei 2017 dari http://www.idai.or.id/

Nurlela., & Nurchairina. (2014). Pemberian Stimulasi Oleh Ibu Untuk Perkembangan Balita. Jurnal

Keperawatan. Diperoleh pada tanggal 13 April 2017 dari http://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/

Nursalam. (2016). Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis (Edisi 4).Jakarta:

Salemba Medika

Wulandari, Retno., Ichsan, Burhannudin., Romadhon, Y.A. 2016. Perbedaan Perkembangan Sosial

Anak Usia 3-6 Tahun Dengan Pendidikan Usia Dini Dan Tanpa Pendidikan Usia Dini Di Kecamatan

Peterongan Jombang. Biomedika Fakultas Kedoktean. Diambil 13 april 2017 dari

http://journals.ums.ac.id/




DOI: https://doi.org/10.37012/jik.v10i2.56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Kesehatan



Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats