Hubungan antara Persentase Lemak Tubuh, Lingkar Perut, Lingkar Pinggang dan Kekuatan Otot Punggung pada Mahasiswa Olahraga

Bazzar Ari Mighra, Wahyuningsih Djaali

Abstract


Komposisi lemak tubuh dipakai sebagai salah satu komponen yang berhubungan dengan kebugaran jasmani yang berhubungan dengan kesehatan. Cukup banyak cara pemeriksaan komposisi tubuh yang dapat dilakukan, antara lain pemeriksaan indeks massa tubuh (IMT), Skinfold Caliper, dan Bioelectrical Impedance Analysis (BIA). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan persentase lemak tubuh, lingkar perut, lingkar pinggang dan kekuatan otot punggung pada mahasiswa olahraga. Penelitan dilakukan pada 30 mahasiswa olahraga FIK UNJ, dengan desain penelitian analitik obervasional. Dilakukan pengukuran IMT, persentase lemak tubuh menggunakan BIA, lingkar perut, lingkar pinggang, dan kekuatan otot punggung menggunakan “back and leg dynamometer”. Hasil penelitian ini persentase lemak berkorelasi positif secara signifikan dengan lingkar perut (koefisien korelasi r = 0,598 dan p<0,001), persentase lemak berkorelasi positif secara signifikan dengan lingkar pinggang (koefisien korelasi r = 0,616 dan p<0,001), dan persentase lemak tidak berkorelasi dengan kekuatan otot punggung (koefisien korelasi r = 0,204 dan p=0,279). Terdapat hubungan positif antara persentase lemak tubuh dengan lingkar perut, dan antara persentase lemak tubuh dengan lingkar pinggang, namun tidak terdapat hubungan yang signifikan antara persentase lemak tubuh dengan kekuatan otot punggung pada mahasiswa olahraga FIK UNJ.

Kata Kunci: Persentase Lemak Tubuh, Lingkar Perut, Lingkar Pinggang, Kekuatan Otot Punggung.


Full Text:

PDF

References


Tomlinson D, Erskine R, Morse C, Winwood K, Onambélé-Pearson G. The impact of obesity on skeletal muscle strength and structure through adolescence to old age. Biogerontology. 2016;17(3):467-83.

Afriwardi (2010). Ilmu Kedokteran Olahraga. Jakarta : EGC.

Wijayanti DN, Sukmaningtyas H, Fitranti DY. KESESUAIAN METODE PENGUKURAN PERSENTASE LEMAK TUBUH SKINFOLD CALIPER DENGAN METODE BIOELECTRICAL IMPEDANCE ANALYSIS: Faculty of Medicine; 2018.

Santika IGPNA. Pengukuran Komponen Biomotorik Mahasiswa Putra Semester V Kelas A Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Ikip Pgri Bali Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi. 2017;3(1):85-92.

Adiatmika IPG, Santika IGPNA. Tes dan Pengukuran Olahraga. Denpasar, Bali, Indonesia: Udayana University Press; 2016.

Setiowati A. Hubungan indeks massa tubuh, persen lemak tubuh, asupan zat gizi dengan kekuatan otot. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia. 2014;4(1).

Amelia IN, Syauqi A. Hubungan antara asupan energi dan aktivitas fisik dengan persen lemak tubuh pada wanita peserta senam aerobik: Diponegoro University; 2014.

Susilawati I, Primayanti I, Yundarwati S. Pengaruh Latihan Penguatan Otot Punggung (Back Exercise) Untuk Mencegah Nyeri Punggung (Back Pain) Pada Dosen Dan Karyawan Ikip Mataram. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan). 2019;3(1).




DOI: https://doi.org/10.37012/jik.v13i2.527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bazzar Ari Mighra, Wahyuningsih Djaali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats