HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PERILAKU ASERTIF DENGAN KONDISI BULLYING ANAK USIA SEKOLAH
Abstract
terhadap anak yang lemah baik secara fisik maupun psikologis. Perilaku bullying cenderung memunculkan perilaku agresif.
Berdasarkan survey sebelumnya dapat diestimasikan kejadian bullying pada anak sekolah dasar di Kota Depok adalah 31,8
%. Tujuan bullying yaitu untuk mengetahui hubungan antara Kemampuan Perilaku Asertif Dengan Kondisi Bullying Anak
Usia Sekolahdi kelurahan Depok Jaya. Metode yang biasanya dilakukan yaitu penelitian deskriptif dengan desain studi
Cross Sectional. Responden penelitian ini sebanyak 76 orang. Analisis menggunakan Koeffisien Korelasi Pearson. Hasil
penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang lemah antara kemampuan perilaku asertif dengan kondisi bullying
yaitu -0.145 dengan arah hubungan negatif (-) artinya semakin bertambahnya kemampuan perilaku asertif maka kondisi
bullying akan semakin menurun. Hasil uji statistik menunjukan tidak ada hubungan yang signifikan antara kemampuan
perilaku asertif dengan kondisi bullying pada kelompok yang mendapatkan latihan perilaku asertif. Kesimpulan Semakin
bertambahnya kemampuan perilaku asertif maka kondisi bullying akan semakin menurun Walaupun tidak ada hubungan
yang signifikan antara kemampuan perilaku asertif dengan kondisi bullying pada kelompok yang mendapatkan latihan
perilaku asertif
Kata Kunci: Anak Usia Sekolah; Bullying, Kemampuan Perilaku Asertif
Full Text:
PDFReferences
Astuti, P. R. (2008). Meredam Bullying: 3 cara efektif mengatasai kekerasan pada anak. Jakarta:
Grasindo B.C. Safe School Centre. (n.d). Focus on bullying: A prevention program for elementary
School communities. Columbia: British Columbia.
Borba, M. (2010). The big book of parenting solutions. (Juliska Grasinia &Yanuarita Fitriyani,
penerjemah). Jakarta: PT.Elex Media Komputindo
Gunarsa, S. (2007). Konseling dan psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia
Hamid, A.Y. (2009). Bunga rampai asuhan keperawatan kesehatan jiwa. Jakarta:EGC
Hancock, Kyle Max. (2007). Social Interactions And Bullying In Withdrawn Children:An Evaluation
Of Generalization Strategies Within A Social Skills Training Intervention. ProQuest Information and
Learning Company
Hastono, S.P. & Sabri Luknis. (2010). Statistik kesehatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Johnson, J.Y., Temple, J.S., & Carr, P. (2005). Prosedur perawatan di rumah:Pedoman untuk perawat.
(Monica Ester, Penerjemah). Jakarta: EGC
Larke Ian Douglas. (2004). The Relationship between Bullying and Social Skills in Elementary School
Student. ProQuest Dissertations & Theses (PQDT).
Martono, L.H. & Joewana, S. (2008). Belajar hidup bertanggung jawab,menangkal narkoba dan
kekerasan. Jakarta: Balai Pustaka.
National Safety Council. (2004). Manajemen stress. (Palupi Widyastuti,penerjemah). Jakarta: EGC
Notoatmodjo. S. (2012). Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Parsons, L. (2009). Bullied teacher bullied student. (Grace Worang,Penerjemah). Jakarta: PT Grasindo.
Rudi, T. (2010). Informasi perihal bullying. 8 Januari 2013.
bigloveadagio.files.wordpress.com/.../informasi_perihal_bullying.pdf
Surbakti, E.B. (2008). Awas tayangan televisi: tayangan misteri dan kekerasan mengancam anak anda.
Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Susana, S.A. & Hendarsih, S. (2012). Terapi modalitas: Keperawatan kesehatan jiwa. Jakarta: EGC
Tim Pustaka Familia. (2006). Menyikapi perilaku agresif anak. Jokjakarta: Penerbit Kanisiu
Tololiu, T., Keliat, B.A., & Daulima, N. H. C (2011). An effective assertive behaviour training in
avoiding bullying to adolescent at Depok, Indonesia.Journal of Psychosocial Nursing & Mental Health
Services
Walter, Keliat, B.A, & Sunarto, M. (2012). Buku saku terapi spesialis keperawatan jiwa. Depok: FIK UI
DOI: https://doi.org/10.37012/jik.v10i2.50
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Kesehatan
Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550
Jurnal Ilmiah Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.