Hubungan Lama Pemakaian KB Suntik 3 Bulan Dengan Gangguan Menstruasi di BPS D Purba Desa Girsang

Rany Angggina Putri Sinaga

Abstract


Kontrasepsi suntik 3 bulan merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya kehamilan dengan suntikan yang mengandung hormon. Salah satu efek samping dari metode kontasepsi adalah adanya gangguan menstruasi pada penggunaan jangka panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara lama pemakaian KB suntik 3 bulan dengan gangguan menstruasi pada akseptor KB suntik 3 bulan di BPS D Purba Desa Girsang . Metode Penelitian ini yaitu survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel adalah Akseptor KB suntik 3 bulan aktif yang mendapatkan palayanan di BPS Purba sebanyak 53 responden. Cara pengambilan sampel dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan kuesioner. Analisis data menggunakan Chi-square α = 0,05Hasil uji chi-square yaitu p value = 0.003. Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah terdapat hubungan yang signifikan antara lama pemakaian alat kontrasepsi KB suntik 3 bulan dengan gangguan menstruasi di BPS D Purba Desa Girsang . Diharapkan bagi  bidan memberikan pengetahuan dan konseling kepada calon akseptor atau akseptor baru mengenai efek samping serta resiko yang dapat terjadi setelah pemakaian yang lama.

Kata Kunci: Lama pemakaian,  KB suntik 3 bulan, Gangguan Menstruasi.


Full Text:

PDF

References


Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. (2020). Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019.

Handayani, S. (2016). Buku Ajar Pelayanan Keluarga Berencana. Pustaka Rihama.

Jannati. (2015). Hubungan Lama Pemakaian Alat Kontrasepsi Suntikan Dengan Gangguan Siklus Menstruasi Pada Akseptor KB Di Puskesmas Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar.

Kemenkes RI. (2020). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2015). Buku Ajar Kesehatan Ibu Dan Anak ( dr. E. Mulati, D. O. F. Royati, & Y. Widyaningsih (eds.); II). Gavi.

Khamzah, S. N. (2015). Tanya Jawab Seputar Menstruasi (Hira (ed.); 1st ed.). FlashBooks.

Kuswandari, T. D., Raharjo, B., & Nugroho, F. S. (2015). Perbedaan Pengetahuan Sebelum Dan Sesudah Pemberian Pendidikan Dengan Metode Snowball Thorowing Tentang Kontrasepsi Hormonal Pada Pasangan Usia Subur Non Akseptor KB di Pucangan Puskesmas Kartasura Kabupaten Sukoharjo.

Meilani, N., Setiyawati, N., Estiwidani, D., & Suherni. (2012). Pelayanan Keluarga Berencana (dilengkapi dengan penuntun belajar) (2nd ed.). Fitramaya.

Muhammad, I. (2016). Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah Hal 92-98 [GEN]. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Munayarokh, Triwibowo, M., & Rizkilillah, Z. D. M. (2014). Hubungan Lama Pemakaian Kontrasepsi Suntik DMPA dengan Gangguan Menstruasi di BPM Mariyah Nurlaili Rambe Anak Mungkid Tahun 2014. Jurnal Kebidanan, 3(6), 50–56.

Nur Hidayatun. (2017). Hubungan Lama Penggunaan Suntik Progestin dengan Kejadian gangguan siklus Menstruasi Pada Akseptor KB Suntik Progestin di BPM Widyawanti Bantul. Universitas Aisyah Yogyakarta.

Proverawati, A., & Maisaroh, S. (2016). Menarche Menstruasi penuh Makna. Nuha Medika.

Rahmawati, L. (2014). Hubungan Antara Lama Pemakaian Kb Suntik Dengan Gangguan Menstruasi Pada Akseptor Kb Suntik 3 Bulan Di Bps Sri Wahyuni Desa Natah Kabupaten Sragen.

Riyanti, & Mahmudah. (2015). Hubungan Jenis Dan Lama Pemakaian Kontrasepsi Hormonal Dengan Gangguan Menstruasi di BPS (Bidan Praktek Swasta) Wolita M. J. Sawong Kota Surabaya. 43–51.

Setiyaningrum, E., & Aziz, Z. B. (2014). Pelayanan Keluarga Berencana Dan Kesehatan Reproduksi.

Wilujeng, R. D. (2018). Penggunaan Kontrasepsi Hormonal Dengan Usia Menopouse Di Bps Kisworo Pratiwi Surabaya. Midwifery Journal, 5(2), 60–68.

World Health Organization. (2017). World Family Planning.




DOI: https://doi.org/10.37012/jik.v13i1.460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rany Angggina Putri Sinaga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats