Hubungan Sikap, Motivasi danmDukungan Tokoh Masyarakat Terhadap Perilaku Kepatuhan Ibu Dalam Membawa Balita Ke Posyandu

Ajeng Setianingsih, Dulakhir Dulakhir, Nabila Silvia Yusup

Abstract


Posyandu merupakan salah satu upaya yang bersumber daya masyarakat, yang dilaksanakan oleh Kader Kesehatan dan telah mendapatkan pendidikan serta pelatihan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan ditemukan 6 dari 10 ibu yang memiliki balita menyatakan tidak membawa balitanya ke Posyandu dengan alasan tidak sempat dan lupa dengan jadwal kegiatan Posyandu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap, motivasi dan dukungan tokoh masyarakat terhadap perilaku kepatuhan ibu dalam membawa balita ke Posyandu Edelwis I Citra Indah City Kabupaten Bogor tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain studi cross sectional dan analisis data secara univariat dan bivariat. Populasi  dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki balita dan sampel penelitian berjumlah 50 responden, dengan teknik pengembilan sampel menggunakan total sampling. Berdasarkan hasil penelitian diketahui ada hubungan sikap (p-value 0,012) serta tidak ada hubungan antara motivasi (p-value 0,560) dan dukungan tokoh masyarakat (0,127) terhadap perilaku kepatuhan ibu dalam membawa balita ke Posyandu Edelwis I Citra Indah City Kabupaten Bogor tahun 2020.  Diperlukan kerjasama antara ibu yang memiliki balita serta kader posyandu dalam hal memotivasi ibu agar mau membawa balita mereka ke Posyandu.

Kata Kunci: Sikap, Motivasi, Dukungan Tokoh Masyarakat, Perilaku Kepatuhan.


Full Text:

PDF

References


Asnawi, S. 2007. Teori Motivasi Dalam Pendekatan Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Studi Press

Azwar S. 2013. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasanah, J I. 2015. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Ibu Balita Dalam Menimbang Anaknya Ke Posyandu Di Wilayah Kerja Puskesmas Kelurahan Rorotan Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Skripsi : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ismawati, Cahyo, S. 2010. Posyandu dan Desa Siaga, Nuha Medika, Yogyakarta.

Kemenkes RI. 2019. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Posyandu. Jakarta: Kemenkes RI.

Muharyani, W P. 2019. Determinan Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Ibu Dalam Membawa Anak Balita Ke Posyandu Di Kelurahan 14 Ulu Palembang. Skripsi : Universitas Sriwijaya.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. PT. Rineka Cipta. Jakarta

Permatasari, I D L. 2018. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Perilaku Kehadiran Ibu Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Sangkrah. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Senewe, dkk. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Ibu Dalam Menimbang Anak Balita Di Wilayah Puskesmas Tongkaina Kecamatan Bunaken Kota Madya Manado. E-Jurnal Keperawatan : Universitas Sam Ratulangi. Volume 5 Nomor 1 Tahun 2017.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung

Suryaningsih, H. 2012. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Kunjungan Ibu Bayi dan Balita Ke Posyandu di Puskesmas Kemiri Muka Kota Depok. Skripsi: Universitas Indonesia.

UNICEF. 2019. Sekitar 35 Juta Balita Masih Berisiko Jika Target Angka Kematian Anak Tidak Tercapai. Jakarta: UNICEF Indonesia.Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 87 pp.




DOI: https://doi.org/10.37012/jik.v13i2.435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ajeng Setianingsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats