Pengaruh Aplikasi Manajemen Demam Terhadap Kemandirian Orang Tua Dalam Penanganan Demam pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru

Dewi Susanti, Titin Sutini, Rohadi haryanto

Abstract


Demam merupakan suatu kondisi yang umum terjadi pada anak terutama balita dan sering terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna,  peningkatan suhu tubuh akibat infeksi atau peradangan.. Desain penelitian menggunakan Quasi Exsperimental dengan pendekatan pree and post-test nonequievalent control group. Jumlah sampel sebanyak 36 responden dibagi dalam dua kelompok yaitu 18 responden kelompok intervensi dan 18 responden kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh aplikasi manajemen demam  dengan p value < 0,05 terhadap kemandirian orangtua dalam penananganan demam pada balita, tidak ada perbedaan rata-rata kemandirian orangtua pada kelompok kontrol dengan p value = 0,601, terdapat perbedaan kemandirian orangtua pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p value = 0,000), tidak ada pengaruh faktor confounding terhadap kemandirian orangtua dalam penanganan demam dengan p value > 0,005. Berdasakan hasil penelitian disarankan agar  tenaga kesehatan dapat memberikan infromasi dengan edukasi dari berbagai media yang dapat dikembangkan secara kreatif dan inovatif sesuai dengan perkembangan teknologi dan menggunakan aplikasi managemen demam  sehingga orang tua dapat melakukan tindakan awal dalam penanganan anak demam secara mandiri.

Kata Kunci: Aplikasi Manajemen Demam , Kemandirian Orangtua, Balita, Demam.


Full Text:

PDF

References


Ali., & Asrori. (2010). Psikologi remaja: Perkembangan peserta didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Alligood, R.M., Tommey, M.A., (2010). Nursing theorist and their work (7th ed.). St.louis :

Anwar, S., (2015). Management of student deveplopment. Riau : Yayasan Indra Giri.

Desmita (2011). Psikologi perkembangan peserta didik.Bandung.PT.Remaja. Rosdakarya.

Dharma, K.K., (2015). Metodologi penelitian keperawatan : panduan melaksanakan dan menerapkan hasil penelitian. Jakarta : Trans Infomedia.

Febry, A. (2013). Ilmu gizi untuk praktik kesehatan. Yogyakarta : Graha Ilmu

Febry, A.B., Marendra, D.Z., (2010). Smart parent : pandai mengatur menu dan tanggap saat anak sakit. Jakarta : Gagas Medika.

Haryanti, M.B., Sholikhah, S., Hernike, L.N. (2018). Hubungan pengetahuan dan sikap ibu tentang demam dengan penanganan demam pada anak di Klinik Shanty Medan. Jurnal kesehatan masyarakat. 9(2).53-57.

Kemenkes RI, (2011). Standar antropometri penilaian status gizi anak. Jakarta : Direktorat Bina Gizi.

Kemenkes RI. (2014). Peraturan menteri kesehatan republik indonesia nomor 25 tahun 2014 tentang upaya kesehatan anak. Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes RI, (2013). Profil kesehatan Indonesia.Jakarta : Kemenkes RI.

Kemenkes RI, (2018). Profil kesehatan Indonesia 2018. Jakarta : Kemenkes RI.

Kemenkes RI, (2015). Manajemen balita sakit (MTBS).Jakarta : Kemenkes RI.

Nice. (2013). Nice issues update guidance to help assess children running high temperature. Journal Sari Pediatric.

Olii, N.(2010). Kepatuhan ibu memberi asupan gizi sesuai instruksi petugas dan status gizi buruk di therapeutic Feeding Centre Kabupaten Gorontalo. Politeknik Kesehatan Kemenkes Gorontalo.

Purwandari, H., Purnamasari, M.D., Alivian, G.N., (2014.Training manajemen demam di Rumah Sakit untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu atau pegasuh. Universitas Jenderal Soedirman, Jurusan Keperawatan.

Sirait, Neni., A.J., Rustina, Y., Tri, F. W., (2013). Pemberian informasi meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan orang tua dalam penangan demam pada anak. Jurnal Keperawatan Indonesia. Vol.16.No.2.




DOI: https://doi.org/10.37012/jik.v13i1.411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dewi Susanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats