Pengaruh Pemberian Tablet Besi Dalam Meningkatkan Kadar HB Remaja Putri

Dewi Suri Damayanti, Ni Deni Darmayanti

Abstract


Latar Belakang: Anemia merupakan masalah kesehatan global yang signifikan, khususnya di negara-negara berkembang seperti Indonesia. Prevalensi anemia, terutama pada remaja putri, masih tinggi dan memiliki dampak negatif pada kesehatan individu. Studi epidemiologi menunjukkan bahwa remaja putri di Indonesia memiliki tingkat prevalensi anemia yang mengkhawatirkan.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pemberian tablet zat besi (Fe) dalam mengatasi anemia pada remaja putri di SMP Trisoko.

Metodologi: Desain penelitian menggunakan rancangan pre-eksperimental dengan 38 siswi kelas X yang mengalami anemia sebagai subjek penelitian. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2022. Intervensi dilakukan dengan memberikan tablet Fe dosis 200mg/hari selama satu bulan. Pengukuran kadar hemoglobin (Hb) dilakukan sebelum intervensi (pre-test) dan setelah intervensi selama satu bulan (post-test) menggunakan alat Easy Touch GCHb. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kadar Hb sebelum dan sesudah intervensi.

Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kadar Hb setelah intervensi. Rata-rata kadar Hb meningkat dari 10.595 gr% menjadi 12.145 gr% setelah intervensi. Penelitian ini menegaskan efektivitas suplementasi zat besi dalam meningkatkan kadar Hb pada remaja putri yang mengalami anemia.

Kesimpulan dan Saran: Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperkuat pentingnya suplementasi zat besi sebagai bagian dari strategi pengelolaan anemia pada remaja putri. Disarankan untuk mengintegrasikan suplementasi dengan peningkatan pengetahuan tentang gizi dan pola makan yang seimbang untuk mencapai hasil yang lebih baik dalam mengatasi masalah anemia pada remaja putri..


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37012/jik.v14i2.2040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dewi Suri Damayanti, Ni Deni Darmayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats