Pengaruh Kelas Ibu Hamil dengan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Mengenai Kesehatan Ibu dan Bayi

Dewi Susilawati, Febi Puji Utami Puji Utami, Abdul Chairy

Abstract


Latar Belakang : Pengetahuan tentang kesehatan ibu dan anak sangat penting bagi ibu hamil. Kelas ibu hamil bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan ibu dan anak yang dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Berdasarkan survei pendahuluan yang dilaksanakan, masih banyak ibu hamil dengan faktor risiko dan yang belum mengikuti kelas ibu hamil di Puskesmas Ciracas.

Tujuan : Untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan kelas ibu hamil terhadap peningkatan pengetahuan ibu tentang kesehatan ibu dan anak di Puskesmas Ciracas.

Metode Penelitian : Jenis penelitian ini menggunakan Quasi-Eksperimental dengan rancangan One Group Pre-Post Test. Kegiatan ini dilakukan pada Juni 2020, dengan teknik Total Sampling dimana jumlah peserta sama dengan jumlah populasi adalah 70 responden. Data dianalisis menggunakan T-test.

Hasil Penelitian : Dalam empat kali pelaksanaan kelas ibu hamil, terjadi peningkatan pengetahuan antara sebelum dan sesudah pelaksanaan kelas ibu hamil. Dapat disimpulkan bahwa, kelas ibu hamil efektif terhadap peningkatan pengetahuan ibu tentang kesehatan ibu dan anak di wilayah kerja Puskesmas Ciracas.

Kesimpulan dan saran: Kelas ibu hamil terbukti efektif dan memberikan dampak positif berupa peningkatan pengetahuan ibu hamil tentang kesehatan ibu dan anak. Penulis berharap agar kelas ibu hamil dapat rutin dilaksanakan di Puskesmas Ciracas dengan jumlah ibu hamil yang lebih banyak dan ibu hamil yang belum pernah mengikuti kelas untuk mengatasi permasalahan yang sering terjadi yaitu kematian ibu hamil.

Rekomendasi: Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan mengukur efektifitas pengadaan kelas ibu hamil.

Kata Kunci : Kelas Ibu Hamil, Pengetahuan, Kesehatan Ibu dan Anak.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2007. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dinkes Prov. Sultra, 2016. Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2016. Kendari: Dinkes Prov. Sultra.

Hastuti, P.S., Nugroho, H.S., dan Usnawati. 2010. Efektifitas Pelatihan Kelas Ibu Hamil Untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, Keterampilan Dan Kunjungan Antenatal Care. Journal Suara Forikes.

Kemenkes RI, 2016. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016. Jakarta: Kemenkes RI.

Kemenkes RI. 2011. Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Notoatmodjo, 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Puskesmas Landawe, 2018. Laporan Bulanan Puskesmas Landawe. Oheo: Puskesmas Landawe.

Santrock. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Soetjiningsih. 2007. Tumbuh Kembang Anak. Surabaya: EGC Sugiyono. 2010. Metode Penelitian. Bandung: CV. Alfa Beta.

Suririnah, 2009. Air Susu Ibu (ASI) Memberi Keuntungan Ganda Untuk Ibudan Bayi.http://www.infoibu.com

Wahit, Iqbal M dan Nurul C., 2007. Promosi Kesehatan: Sebuah Pengantar Proses Belajar Mangajar dalam Pendidikan. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Wawan & Dewi M. 2011. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Cetakan II. Yogyakarta: Nuha Medika.

Wiyati, 2010. Perawatan Ibu Bersalin, Yogjakarta Dinkes Prov. Sultra, 2016. Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2016. Kendari: Dinkes Prov. Sultra.




DOI: https://doi.org/10.37012/jik.v12i2.2036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dewi Susilawati, Febi Puji Utami Puji Utami, Abdul Chairy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats