Pengembangan Aplikasi Berbabsis Website Untuk Penilaian OSCE

Eka Maulana Nurzannah, Yulita Nengsih, Nur Aini

Abstract


Uji kompetensi bidan  menggunakan Objective Strukture Clinical Exaination (OSCE  metode penilaian yang andal, valid dan realible karena menggunakan dua metode yaitu checklist dan global rating.  a Namun metode OSCE ini memiliki kelemahan seperti faktor sumber daya manusia serta sarana dan pra- sarana yang tersedia. Sebagian besar dosen belum terlatih sehingga kemampuan melakukan ujian OSCE masih kurang.   Hasil evaluasi kegiatan uji OSCE di STIKes Mitra RIA Husada Jakarta diketahui bahwa sebagian penguji merasa tools yang digunakan dalam menentukan nilai seperti Borderline regression method dan global performance masih kurang praktis. Dan data dikumpulkan, menggunakan excel. Oleh karen itu peneliti ingin mengembangkan tools penilaian uji kompetensi OSCE menggunakan aplikasi berbasis android agar pelaksanaan ujian lebih efisien dan efektif. Tujuan khusus : untuk menilai efektifitas tools OSCE kebidanan yang akan dikembangkan pada STIKes Mitra RIA Husada.Pada  studi ini menggunakan metode    evaluasi menggunakan instument User Experience Questionnare (UEQ). Kuisioner UEQ dalam versi bahasa Indonesia yang terdiri dari 26 item dengan sampel adalah dosen kebidanan yang telah mendapat pelatihan OSCE  yaitu sebanyak 40 orang. Dari  penelitian yang telah dianalisis  pada pengembangan telah dihasilkan aplikasi OSCE untuk penilaian uji praktik kebidanan berbasis website   Hasil dari  UEQ didapatkan hasil rata rata di atas 1 artinya sudah cukup baik diantaranya yaitu yaitu daya tarik aplikasi diatas arata-rata (1,00), ketepatan aplikasi dibawah rata-rata (1,06), stimulasi aplikasi baik (1,14), dan kebaruan juga dinyatakan baik ( 1,88). Hanya pada dari segi kejelasan aplikasi dibawah rata_rata (0,92), dalam hal effesiensinya diatas rata-rata (0,93) Kesimpulan: pengembangan aplikasi OSCE  sangat memungkinkan untuk digunakan  untuk instrumen menguji OSCE . aspek kejelasan yang masih kurang akan diperbaiki  kembali

 


Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan RI, Indonesia R. Profil Kesehatan Indonesia 2019 2020. Available from:

https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Profil- Kesehatan-indonesia-2019.pdf

PPSDM. Informasi SDM Kesehatan Nasional PPSDM. 2020 Available from: http://bppsdmk.kemkes.go.id/info_sdmk/info/index?rumpun=104

Kementrian Kesehatan RI. Undang-Undang Tentang Kebidanan No 4 Tahun 2019. Kementrian Kesehat Republik Indones. 2019;(004078).

Kemendikbud. Registrasi Online Uji Kompetensi D3 Kebidanan Kemendikbud. 2020 Available from:https://ukbidan.kemdikbud.go.id/index.php/berita/92-CBT-ONLINE-MENJADI-METODE- UTAMA-UJI-KOMPETENSI-PERIODE-OKTOBER-2019

The Evaluation of Functional Quality in Bachelor Midwifery Students based on Objective Structured Clinical Examination (OSCE) in Islamic Azad University-Mashhad Branch. Adv Nurs Midwifery. 2019;28(2).

Selvia A, Kusumawati W, Fitriani H, Mufdlillah M. The evaluation of objective structure clinical examination (OSCE) implementation within midwifery school. J Heal Technol Assess Midwifery. 2019;2(1).

Herlambang PM, Yana DR, Riambodo RM, Sudaryanto S. Implementasi Objective Structured Clinical Examination (OSCE) berbasis dalam Jaringan selama Pandemi Coronavirus Disease-19. J Kesehat Vokasional. 2021;6(2):90.

Saputra BD. Kesiapan Dosen Dalam Pelaksanaan Uji Objective Structured Clinical Examination (Osce) Program Studi D3 Keperawatan. Profesi (Profesional Islam Media Publ Penelit. 2018;16(1):53.

Dhina MA, Hadisoebroto G, Mubaroq SR, Gustiana I. Implementation of digital performance assessment to measure pharmacy physics laboratory skills. Momentum Phys Educ J. 2021;

Harden RMG, Downie WW, Stevenson M, Wilson GM. Assessment of Clinical Competence using Objective Structured Examination. Br Med J. 1975;1(5955):447–51.

Khan KZ, Ramachandran S, Gaunt K, Pushkar P. The Objective Structured Clinical Examination (OSCE): AMEE Guide No. 81. Part I: An historical and theoretical perspective. Med Teach. 2013;35(9).

Park SY, Lee SH, Kim MJ, Ji KH, Ryu JH. Comparing the cut score for the borderline group method and borderline regression method with normreferenced standard setting in an objective structured clinical examination in medical school in Korea. J Educ Eval Health Prof. 2021;18.

Chase AM, Ross B, Robbie D. Improving digital assessment practice: A case study of a cross- institutional initiative. J Univ Teach Learn Pract. 2017;14(2).

Tavares R, Vieira RM, Pedro L. Mobile app for science education: Designing the learning approach. Educ Sci. 2021;11(2).

Schrepp M, Hinderks A, Thomaschewski J. Design and Evaluation of a Short Version of the User Experience Questionnaire (UEQ-S). Int J Interact Multimed Artif Intell. 2017;

Schrepp M, Hinderks A, Thomaschewski J. Construction of a Benchmark for the User Experience Questionnaire (UEQ). Int J Interact Multimed Artif Intell. 2017;.




DOI: https://doi.org/10.37012/jik.v15i1.1500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eka Maulana Nurzannah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats