Penerapan Sistem Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Akademi Keperawatan Pangkalpinang di Massa Pademi Covid 19

Ummi Maktum, Zamziri Zamziri

Abstract


Perkuliahan daring atau online merupakan saran dan prasarna yang di gunakan dalam pembelajaran dalam massa covid 19, begitu pula akademi keperawatan pangkalpinang menggunakan sarana aplikasi onlinePenelitian ini bertujuan untuk penerapan Teknik perkuliahan pada massa pademi. Untuk metode penelitian, kami menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu teknik survey dengan tujuan untuk mengetahui tantanan dalam pembelajaran pada mahasiwa akademi keperawatan pangkalpinang di massa pademi covid 19. Mahasiswa yang mengisi kuesioner paling banyak yang mengisi tanggapan adalah Tingkat 3 tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 47,3 %, mahasiswa yang menggunakan jenis koneksi internet pada saat melakukan perkuliahan 93,1 % yang menggunakan paket data,71% kondisi sinyal sedang, 96,6 % menggunakan Hp,89,3 % menggunakan zoom, 61,8% mengatakan tidak senang,42% pemahaman sedang,39,9% jaringan sinyal,77,2% kurang efektif. Mahasiswa keperawatan dalam mengikuti perkuliahan dan mengikuti tahap tahap dalam penerapan pembelajaran dalam perkuliahn daring, harus di selangi dengan perkuliah luring jadi lebih efektif. Saran mahasiswa selalu berinisiatif mencari informasi untuk memperkaya pengetahuan dan meningkatkan pemahaman dalam perkulihan daring.

 

Kata Kunci: Mahasiswa, Penyebaran covid, Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti, and Muhammad Alif Kurniawan. 2021. “Penggunaan Media Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19.” Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA) 1(1): 48–56.

Darmalaksana, W. 2020. “WhatsApp Kuliah Mobile.” Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung: 1–7.

Firman, Firman, and Sari Rahayu. 2020. “Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19.” Indonesian Journal of Educational Science (IJES) 2(2): 81–89.

He, Wu, Guandong Xu, and S. E. Kruck. 2014. “Online Is Education for the 21st Century.” Journal of Information Systems Education 25(2): 101–5. ISSN 1055-3096.

Iskandar, Syarifah Masthura, and Cut Oktaviyana. 2020. “Penerapan Sistem Pembelajaran Daring.” Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(2), 323-332. 4(2): 323–32. http://jurnal.abulyatama.ac.id/dedikasi.

Joesyiana, Kiki. 2020. “THE EFFECTIVENESS OF ONLINE CLASSES DURING THE COVID-19 PANDEMIC.” Open Journal Systems Vol.15 No.(75): 4045–49. http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI Open.

Marpaung, Yosi Marin. 2022. “Kesehatan Mental Mahasiswa Diploma Keperawatan Dan Perlunya Upaya Promosi Kesehatan Komprehensif: Studi Pada Situasi Pandemi.” Jurnal Kedokteran Meditek 28(2): 141–51.

Rusdiana, Emmilia, and Nugroho Arinto. 2017. “Respon Pada Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia.” Integralistik 31(1): 1–12. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/integralistik/article/view/21834/.

Sari, Silvia Indah. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Daring Dan Luring Di SMP Negeri 3 Pleret.” Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran 10(2): 145.

Setyawan, Ali Arif, and Jahid Syaifullah. 2023. “The Relationship o f Lecturer ’ s Communication Pattern and Peer Group Communication Intensity to Learning Interest in Online.” 6(1): 68–76.

Shi, Heshui et al. 2020. “Since January 2020 Elsevier Has Created a COVID-19 Resource Centre with Free Information in English and Mandarin on the Novel Coronavirus COVID- Research That Is Available on the COVID-19 Resource Centre - Including This for Unrestricted Research Re-Use A.” Vol 20 Apr(april): 425–34. https://doi.org/10.1016/ S1473-3099(20)30086-4.

Siregar, Hariman Surya, Hamdan Sugilar, Ukit, and Hamdan Hambali. 2020. “Merekonstruksi Alam Dalam Kajian Sains Dan Agama Studi Kasus Pada Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ) Dampak Covid-19.” Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung: 1–12.

Syarifudin, Albitar Septian. 2020. “Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua 5(1): 31–34.

Widiyono, Aan. 2020. “Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) Pada Mahasiswa PGSD Di Saat Pandemi Covid 19.” Jurnal Pendidikan 8(2): 169–77.




DOI: https://doi.org/10.37012/jik.v15i1.1485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ummi maktum maktum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats