Kejadian Kecacingan Pada Petugas Pengangkut Sampah Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Kota Kendari

Nasrul Nasrul, Arimaswati Arimaswati, La Ode Alifariki

Abstract


Infeksi cacing terjadi pada orang yang kurang memperhatikan perilaku kebersihan diri, sanitasi lingkungan rumah dan kurangnya pengetahuan tentang kecacingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian kecacingan pada petugas pengangkut sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan Total sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 45 petugas pengangkut sampah. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan pemeriksaan mikroskopis terhadap adanya infeksi cacing dari petugas pengangkut sampah. pada pemeriksaan sampel menunjukkan bahwa terdapat 6 responden dari 45 responden yang terinfeksi cacing. Uji statistic yang digunakan adalah chi square pada derajat kesalahan alfa 0,05.Cacing yang menginfeksi petugas pengangkut sampah adalah jenis cacing STH yaitu Ascaris lumbricoides dan Trichuris trichiura. Faktor yang berhubungan dengan kejadian kecacingan adalah pengetahuan (ρ = 0,031), penyediaan air bersih (ρ = 0,031), sarana pembuangan tinja (ρ = 0,031), jenis tempat sampah (ρ = 0,031) dan jenis lantai rumah (ρ = 0,023). Dari Penelitian ini dapat disimpukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan,  perilaku dan sanitasi lingkungan rumah terhadap kejadian kecacingan pada petugas pengangkut sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Kendari

Full Text:

PDF

References


Ali, R., Zulkarnaini, Z., & Affandi, D. (2015). Hubungan Personal Hygiene dan Sanitasi Lingkungan dengan Angka Kejadian Kecacingan (Soil Transmitted Helminth) Pada Petani Sayur di Kelurahan Maharatu Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Dinamika Lingkungan Indonesia, 3(1), 24. https://doi.org/10.31258/dli.3.1.p.24-32

Altiara, S. (2011). Hubungan Sanitasi Lingkungan Rumah Dengan Kejadian Kecacingan Pada Balita di RW 03 Kelurahan Panggung Kota Tegal Tahun 2010. Universitas Negeri Semarang.

Bundhy DA, Kam,Sp., Rose, R. (2014). Age Related Prevalence, Intestinal, and Frequency Distribusi of Gastrointestinal Helminth In Urban Slum Children from Kuala Lumpur. Kuala Lumpur: Trans R SOC Med Hyg.

Darmadi, Irawati, N., & Nasrul, E. (2015). Perbandingan Kadar IL-5 dan Jumlah Eosinofil Antara Anak dan Orang Dewasa yang Terinfeksi Ascaris Lumbricoides. Jurnal Kesehatan Andalas, 4(3), 756–764.

Jansen Loudwik Lalandos, D. G. R. K. (2008). Prevalensi Infeksi Cacing Usus yang Ditularkan Melalui Tanah Pada Siswa SD GMIM Lahai Roy Malalayang. MKM, 03(02), 86–91.

Kementrian Kesehatan RI. (2012). Pedoman Pengendalian Kecacingan. Jakarta: Direktorat Jendral PP dan PL.

Maywati, S. (2013). Kontribusi Penggunaan Alat pelindung Diri Terhadap Kejadian Infeksi Nematoda Usus (Studi Pada Petugas Pengangkut Sampah Di Kota Tasikmalaya). Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 9(1).

Mulasari, S.A. Maani, D. (2013). Hubungan Antara Kebiasaan Penggunaan Alat Pelindung Diri dan Personal Higiene Dengan Kejadian Infeksi Kecacingan Pada Pettugas Sampah di Kota Yogyakarta. Urnal Ekologi Kesehatan, 12(3).

Ottay, R. I. (2010). HUBUNGAN ANTARA PERILAKU PEMULUNG DENGANKEJADIAN PENYAKIT CACINGAN DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR SAMPAH SUMOMPOKOTA MANADO. Jurnal Biomedik (Jbm), 2(1), 38–43.

RSUD Kota Kendari. (2017). Profil Rumah Sakit Kota Kendari. Kendari: RSUD Kota Kendari.

Sari, W. . (2017). Hubungan Higiene Perorangan Dan Pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) Dengan Kejadian Kecacingan Pada Petugas Pengangkut Sampah Dinas Kebersihan Kota Kendari Tahun 2016. Universitas Halu Oleo.

Suluwi,Rezal, I. (2017). Pengaruh penyuluhan dengan metode permainan edukatif sukata terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan tentang pencegahan penyakit cacingan pada siswa kelas iv dan v sd negeri 1 mawasangka kabupaten buton tengah tahun 2016. Jimkesmas, 2(5), 1–10.

Yudhastuti, R., & D. Lusno, M. F. (2012). Kebersihan Diri dan Sanitasi Rumah pada Anak Balita dengan Kecacingan. Kesmas: National Public Health Journal, 6(4), 173. https://doi.org/10.21109/kesmas.v6i4.96

Yuliani, N. (2007). Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Hidup Sehat Dengan Kejadian Cacingan Pada Siswa sekolah dasar Negeri Bulusan 1 Kecamatan Tembalang. UNNES.




DOI: https://doi.org/10.37012/jik.v12i1.131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nasrul Nasrul, Arimaswati Arimaswati, La Ode Alifariki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats