Hubungan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poli Umum Klinik Relof Tahun 2022

Zulaika Zulaika, Suhermi Suhermi, Nina Nardjati Soejoto

Abstract


Kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan sangat penting untuk diperhatikan karena dapat menggambarkan kualitas pelayanan di tempat pelayanan kesehatan tersebut. Waktu tunggu pasien adalah salah satu komponen potensial yang mempengaruhi ketidakpuasan. Waktu tunggu merupakan masalah yang sering menimbulkan keluhan pasien di beberapa fasilitas kesehatan . Waktu tunggu yang lama mencerminkan bagaimana klinik mengatur manajemen pelayanan sesuai oleh situasi dan harapan pasien, pasien merasa tidak puas apabila waktu tunggu tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan yaitu ≤ 60 menit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan lama waktu tunggu dengan kepuasan pasien di poli umum klinik relof tahun 2022. Metode penelitian menggunakan analitik kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini 305 responden dengan jumlah sampel 75 responden, menggunakan simple random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji chi-square. Hasil analisa menyatakan hasil Odds Ratio sebesar  12.250 dengan CI (4.789 - 31.333) artinya responden yang menyatakan waktu tunggu >60 menit (lama) berpeluang 12.250 kali untuk tidak puas dengan pelayanan dibandingkan dengan responden yang menyatakan waktu tunggu <60 menit (tidak lama). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa adanya hubungan waktu tunggu dengan kepuasan pasien adalah semakin cepat pelayanan pasien atau waktu tunggu yang tidak lama maka pasien akan semakin puas dengan pelayanan yang diterima. Sedangkan semakin lama waktu tunggu maka semakin banyak waktu yang dibutuhkan pasien dalam memperoleh pelayanan, sehingga menimbulkan ketidakpuasan

Kata Kunci : waktu tunggu, kepuasan pasien


Full Text:

PDF

References


Erhun. 2013. Patients response to waiting time in an out patient pharmacy in nigeria’, Tropical journal of pharmaceutical research. hlm. 207-214.

Febriyanti, DH. 2013. “Deskripsi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pendaftaran Di TPPRJ RSUD Tugurejo Semarang Tahun 2013”. Semarang : Universitas Dian Nuswantoro.

Febiyanti, Nurfida. 2020. “Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pemberian Informasi Obat Di Instalasi Rawat Jalan Klinik Rawat Inap Siti Khodijah Kota Blitar”. Doctoral dissertation, Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang.

Laeliyah, Nur dan Heru Subekti. 2017. “Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu”, Jkesvo (Jurnal Kesehatan Vokasional) Vol. 1 No 2.

Monalisa dan Irfan Mahendra. 2017. “Sistem Informasi Klinik Berbasis Web Pada Klinik Umum Dan Kecantikan Dokter Galuh Dwi Anandhita Jakarta”. CKI On SPOT. Vol. 10 No. 2, Desember 2017, h. 2

Nursalam. 2014. Manajemen Keperawatan. (Jakarta: Salembah Medika).

Sangadji, E dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen; Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian, (Yogyakarta: Andi).

Sara, Yuni. 2019. “Hubungan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Poli Penyakit Dalam Di RSUD Dr Muhammad Zein Painan Tahun 2019”. Stikes Perintis Padang. h. 11

Supandi, Dedi dan Bayu Imanuddin. 2021. “Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan”. Jurnal Health Sains: p–ISSN : 2723-4339 e-ISSN : 2548-1398 Vol. 2, No. 1.

Permenkes RI No.9 Tahun 2014 tentang Klinik.

Pohan, I.S. 2015. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan : Dasar-dasar Pengertian dan Penerapan. (Jakarta : EGC).

Taftazani. 2013. “ Pengaruh Lama Waktu Tunggu Terhadap Tingkat Kepuasan Pada Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Dinoyo Kota Malang”.

Utami, Yeni Tri. 2012. “Hubungan waktu tunggu pelayanan rawat jalan dengan tingkat kepuasan pasien di RSU Assalam Gemolong”. (Jurnal APIKES Citra Medika).




DOI: https://doi.org/10.37012/jik.v14i2.1277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zulaika Zulaika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats