METODE DIAGRAM KARTESIUS UNTUK MELIHAT TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN MAKANAN DI RUMAH SAKIT

Suhermi Suhermi, Nur Asniati Djaali, Petrus Geroda Beda Ama, Vitalis Ramun

Abstract


Penyelenggaraan makanan di rumah sakit merupakan salah satu bentuk pelayanan yang memberikan dampak penting pada pasien terutama terkait dengan kondisi psikologis pasien yang sedang mengalami perawatan inap. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis prioritas perbaikan mutu pelayanan makanan di rumah sakit melalui diagram kartesius. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif yang melibatkan 154 responden rawat inap di rumah sakit Dr. Abdul Radjak Cileungsi, menggunakan desain kroseksional. Prioritas mutu pelayanan dilihat melalui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan makanan yang diberikan. Instrumen dikembangkan melalui dua dimensi besar yaitu dimensi kepuasan dan dimensi pelayanan makanan yang terdiri dari penyajian makanan, variasi makanan, kebersihan alat dan makanan, ketepatan waktu, dan keramahan petugas. Terdapat 40 butir pertanyaan yang valid dengan nilai reliabilitas 0,978. Hasil penelitian ini menunjukkan sebesar 52,6% pasien yang merasa tidak puas dengan pelayanan makanan. Hasil analisis diagram kartesius menunjukkan bahwa prioritas perbaikan mutu paling banyak terletak pada aspek penyajian makanan yaitu kelengkapan makanan yang disajikan, keberadaan gelas dan tissue pada sajian makanan, kondisi gelas yang tidak tertutup, ketertarikan terhadap selera, dan kondisi kehangatan makanan. Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan makanan di rumah sakit, sebaiknya petugas bagian gizi memperhatikan kondisi makanan yang disajikan baik dari segi kelengkapan alat maupun kemenarikan dan kehangatan makanan.

Full Text:

PDF

References


Abdillah. 2009. Hubungan Karakteristik Pasien dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Sidangkerta Kabupaten Jawa Barat. Jurnal Kesehatan Kartika A. Yani. Bandung. http://stikesayani.ac.id/publikasi/e-journal/filesx/2009/200904/200904-006.pdf.

Bauk, Ikram. 2013. Hubungan Karakteristik Pasien dengan Kualitas Pelayanan: Persepsi Pasien Pelayanan Rawat Inap RSUD Majene Tahun 2013. Makassar. http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/dc1197b354ffd8ddac0952874bd9475c.pdf.

Hidayati, Aulia Nur. 2014. Analisis Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Pelayanan Rawat Jalan Semarang Eye Center (SEC) Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat Volume 2 Nomor 1 Januari 2014. Semarang. https://media.neliti.com/media/publications/18333-ID-analisis-hubungan-karakteristik-pasien-dengan-kepuasan-pelayanan-rawat-jalan-sem.pdf.

Mulyani, Roza. 2014. Hubungan Karaktersitik Pasien dengan Kepuasan Pelayanan Gizi di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Volume X Nomor 2 Oktober 2014. Jakarta.

Sudarni. 2009. Hubungan Karakteristik Pasien dengan Kepuasan Terhadap Mutu Layanan Rawat Inap di RSUD Waled Kabupaten Cirebon. Tesis Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Depok.




DOI: https://doi.org/10.37012/jik.v11i2.112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Suhermi Suhermi, Petrus Geroda Beda Ama, Vitalis Ramun, Nur Asniati Djaali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats