HUBUNGAN ASUPAN ZAT GIZI MAKRO DAN ZAT BESI DENGAN STATUS GIZI (LILA) PADA REMAJA PUTRI

Annisa Nursita Angesti

Abstract


Remaja putri kerap kali mengalami masalah status gizi yang disebabkan kurangnya asupan zat gizi. LILA merupakan salah satu pengukuran status gizi untuk mendeteksi Kurang Energi Kornis (KEK). Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan asupan zat gizi makro (energi, karbohidrat, protein dan lemak) serta zat besi dengan status gizi LILA pada remaja putri. Desain penelitain menggunakan metode cross sectional. Populasi pada penelitian ada seluruh siswi VII hingga XII yang berada di Pondok Pesantren Tahfidz Hadits Fathul Baari Kota Bekasi. Sampel yang digunakan adalah 40 repsonden dengan teknik pengambilan sampel total sampling.
Instrumen yang digunakan adalah kuesioner food recall 2x24 jam dan pita ukur elastis. Analisis yang digunakan yakni univariat dan bivariat menggunakan uji korelasi pearson dan spearman. Hasil penelitian diperoleh rata-rata status gizi LILA pada responden adalah 25,94 cm. Tidak terdapat hubungan antara asupan energi (p = 0,217), asupan karbohidrat (p = 0,421), asupan protein (p = 0, 220), asupan lemak (p = 1,000), asupan zat besi (p = 0,266) dengan status gizi LILA. Risiko KEK dapat dikurangi pada remaja dengan memperhatikan asupan gizi makro dan mikro. Institusi sekolah (pesantren) dapat menyediakan makanan bergizi seimbang dengan porsi
yang sesuai. Edukasi, pemantauan status gizi menjadi hal penting yang dapat dilaksanakan dengan kerja sama unit UKS Sekolah dan Puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya.


Full Text:

PDF

References


Arista, Dwi Agustin, Laksmi Widajanti, Ronny Aruben. 2017. Hubungan Pengetahuan, Sikap, Tingkat Konsumsi Energi, Protein, dan Indeks Massa Tubuh/Umur dengan Kekurangan Energi Kronik pada Remaja Putri. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 5(4): 585-591.

Ariyani, Diny Eva. Endang L. Achadi, Anes Irawati. 2012. Validitas Lingkar Lengan Atas Mendeteksi Risiko Kekurangan Energi Kronis pada Wanita Indonesia. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. 7(2): 83-90.

Hariyanti, Luasiana Pradana. 2020. Hubungan Asupan Energi Dan Zat Gizi Makro, Aktivitas Fisik Dan Body Image Dengan Kejadian Kurang Energi Kronis (KEK) Pada Remaja Putri Di Sman 1 Grogol Kabupaten Kediri. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga.

Irawati, et al. 2021. Gambaran Tingkat Konsumsi Energi Protein, Pengetahuan, Aktivitas Fisik, Body Image terhadap Risiko Kekurangan Energi Kronis Remaja Putri SMK Bina Cipta Palembang. Jurnal Gizi dan Kesehatan. 1(1): 33-41

Jannah, Ayu Miftahul. 2021. Hubungan Asupan Zat Gizi Makro, Pengetahuan Gizi dan Penyakit Infeksi dengan Kejadian Kurang Energi Kronis pada Remaja SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya.

Kemenkes RI. 2019. Peraturat Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes RI. Laporan nasional Riskesdas 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI.

Nuryani. 2018. Gambaran Pengetahuan, Sikap, Perilaku dan Status Gizi pada Remaja di Kabupaten Gorontalo. Jurnal Dunia Gizi. 2(2): 63-70.

Par’I, Halil M., Sugeng Wiyono, Titus Priyo Harjatmo. 2018. Bahan Ajar Gizi : Penilaian Status

Gizi. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Kementerian Kesehatan.

Pujiatun. 2014. Hubungan Tingkat Konsumsi Energi dan Protein dengan Kejadian Kurang Energi Kronis (KEK) pada Siswa Putri di SMA Muhammadiyah 6 Surakarta. Skripsi. Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Regina, Wahyuni. 2018. Hubungan Asupan Zat Gizi Makro Dengan Lingkar Lengan Atas (LILA) Pada Siswa Putri Di SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang. Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ngudi Waluyo

Ruaida, Nilfar., Michran Marsaoly. 2017. Tingkat Konsumsi energi dan Protein dengan Kejadian Kurang Energi Koronis (KEK) pada Siswa Putri di SMA Negeri 1 Kairatu. Global Health Science. 4(2): 361-365

Shindu, Chrisdewanti. 2021. Hubungan Tingkat Asupan Zat Gizi Makro Dengan Kejadian Kurang Energi Kronik Pada Remaja Putri Di MA YPIP Panjeng Kabupaten Ponorogo Tahun 2021. Karya Tulis Ilmiah. Politeknik Kemenkes Surabaya.

Shinta, Dewi, Wahyu Rochdiat, Sukmawati. 2019. Hubungan kadar Hemoglobin dan Lingkar Lengan taas dengan Nilai Hasil Belajar pada Mahasiswi Prodi S-1 Ilmu Gizi Angkatan 2014 Universitas Respati Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya. 7(2):

-33.

Talisa, Imelda, Eliza. 2020. Asupan Zat Gizi Makro, Asupan Zat Besi, Kadar Hemoglobin dan Risiko Kurang Energi Kronis pada Remaja Putri. Jurnal AcTion: Aceh Nutrition Journal. 5(1): 80-86.

Zaki, Ibnu, Hesti Permata Sari, Farida. 2017. Asupan Zat Gizi Makro dan Lingkar lengan Atas pada Remaja Putri di Kawasan Perdesaan Kabupaten Banyumas. Prosiding Seminar Nasional and Call fof Papers “Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan VII” 17-18 November 2017, Purwokerto.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Annisa Nursita Angesti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats