DETERMINAN FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STATUS GIZI BALITA USIA 6-24 BULAN DI POSYANDU CEMPAKA II KP. DUKUH KEC. KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR TAHUN 2018

Parlin Dwiyana, Dita Juniarti

Abstract


 

Status gizi adalah ekspresi dari keseimbangan dalam bentuk variabel-variabel tertentu. Status gizi juga merupakan akibat dari keseimbangan antara konsumsi dan penyerapan zat gizi dan penggunaan zat-zat gizi tersebut atau keadaan fisiologik akibat dari tersedianya zat gizi dalam seluruh tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Determinar Faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi Balita Usia 6-24 Bulan di Posyandu Cempaka II Kp. Dukuh Kec. Kramat Jati Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan jenis penelitian analitik dengan cross sectional, jumlah sampel 35 responden. Sumber data diperoleh dengan wawancara melalui  pengisian kuesioner. Analisis yang digunakan yaitu analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang bermakna yaitu pola pemberian MP-ASI p value = 0.032 dengan Odds Ratio (OR) 10,8 (CI 95% = 0,166 – 2,257) dengan Status Gizi Balita Usia 6-24 Bulan. Sebaiknya ibu memberikan MP-ASI untuk balita sesuai dengan pola MP-ASI yang dianjurkan.


Full Text:

PDF

References


Almatsier, S., Soetarjo, S., Soekarti, M . 2011. Gizi Seimbang Dalam Daur Kehidupan. PT. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.

Atika Pratiwi. 2009. "Hubungan pengetahuan Ibu Dengan Perilaku Ibu Tentang pemberian MP-ASI Pada Balita Usia 6-24 Bulan Di Posyandu Dusun Tlangu Desa Bulan Kec. Wonosari klaten”.

Dewi Lestari. 2012. “Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Makanan Pendamping ASI Pada anak Usia 6-24 Bulan Di Desa Rembun Nogosari Boyolali”.

Ekawaty Murty Dkk, 2015. Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Dengan Status Gizi Anak Umur 1- 3 Tahun Di Desa Mopusi Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow Induk Sulawesi Utara.

Hermina., & Nurfi. 2010. Hubungan Praktik Pemberian ASI Eksklusif Dengan Karakteristik Sosial, Demografi Dan Faktor Informasi Tentang ASI Dan MP-ASI (Studi Di Kota Padang Dan Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat). Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi dan Makanan, Badan Litbang Kesehatan, Kementerian Kesehatan.

Kementerian Kesehatan RI. 2013. Buku panduan kader posyandu. Jakarta: Direrektorat Jenderal Bina gizi dan kesehatan ibu dan anak.

Nasar SS. 2010. Gizi Buruk : Tidak Selalu Karena Miskin. Di dalam: Dokter Kita Edisi Februari 2010. hlm 7-8.

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Renika Cipta.

Proverawati, Atikah & Kusumawati, Erna. 2010. Ilmu Gizi Untuk Keperawatan & Gizi Kesehatan. Yogyakarta : Muha Medika.

Rahmawati. 2014. “Gambaran Pemberian MP-ASI Pada Bayi Usia Kurang Dari 6 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan”.

Septiana Rika Dkk. 2010. Hubungan Antara Pola Pemberian Makanan Pendamping Asi (Mp-Asi) Dan Status Gizi Balita Usia 6-24 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Gedongtengen Yogyakarta.

Soetjiningsih. 2012. Perkembangan Anak dan Permasalahannya dalam Buku Ajar I Ilmu Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta:Sagungseto . Pp 86-90.

Sulistyoningsih, Hariyani. 2011. Gizi Untuk Kesehatan Ibu dan Anak. Yogyakarta : Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Parlin Dwiyana, Dita Juniarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats