ANALISA FORMALIN DALAM BAKSO YANG BEREDAR DI PASAR CIBUBUR DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS

Sutrotul Auladiyah, Adji Salman Fauzan

Abstract


Formalin adalah zat yang berbahaya jika dikonsumsi atau masuk ke dalam tubuh manusia, akan tetapi formalin masih sering ditambahkan ke dalam produk pangan sebagai pengganti bahan pengawet makanan oleh pedagang maupun produsen makanan. Bakso merupakan salah satu produk pangan yang sering ditambahkan formalin agar dapat bertahan lama dalam penyimpanan. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menetapan kadar formalin dalam bakso yang beredar di pasar Cibubur. Uji kualitatif menggunakan tes kit formalin pada bakso, dalam penelitian ini sebanyak 3 sampel bakso dinyatakan positif mengandung formalin dari 8 sampel bakso yang diuji. Uji kuantitatif menggunakan metode Spektrofotometri Uv-Vis adalah salah satu metode untuk mengukur kadar formalin yang terdapat dalam bakso, hasil penelitian ini menunjukan sampel bakso A 0,987877 mg/kg adalah rata-rata kadar terendah dan rata-rata kadar tertinggi adalah sampel bakso D 1,256493 mg/kg. Hasil penelitian menunjukan bahwa masih ada pedagang atau produsen bakso yang menambahkan zat berbahaya seperti formalin ke dalam produk bakso mereka. Dalam hal ini masyarakat diharapkan lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan olahan dan pemerintah diharapkan melakukan pengecekan atau pengawasan terhadap sampel yang terbukti mengandung formalin dan melakukan penyuluhan kepada masyarakat terhadap bahayanya zat berbahaya seperti fomalin.


Full Text:

PDF

References


Alsuhendra dan Ridawati.2013 . Bahan Toksik Dalam Makanan. Rosda.Jakarta.

Ary Muhatir, S. S. (2019). Analisi Kandungan Formalin Pada Bakso Tusuk Yang Beredar Dibeberapa Sekolah Dasar Di Kota Manado. Volume 8 Nomor 3 Agustus 2019, Volume 8, 556-560.

Badan Pengawas Obat dan Makanan. 2003. Mengenal Formalin. Jakarta: BPOM.

Cahyadi, W. (2012). Analisis dan Aspek Kesehatan Bahan Tambahan Makanan. Edisi 2. Bumi Aksara. Jakarta.

Madonsa, R. (2019). Identifikasi Formalin Pada Ikan Teri Kering Yang Beredar Di Pasar Tradisional Girian Dan Winenet Di Kota Bitung. Jurnal Biofarmasetikal Tropis. 2019, 2 (2), 75-79.

Labkesda. (2018). Penetapan Kadar Formalin Dalam Bakso, Tahu, Dan Mie Secara Spektrofotometri Uv-Vis.

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 033 Tahun 2012 Tentang Bahan Tambahan Pangan (BTP) .

Sahusila Wane, M. M. (2013). Analisis Zat Pengawet Berbahaya Dalam Berbagai Produk Olahan Jajanan Yang Beredar Di Kota Makassar. 1-27.

Suhartati, T. (2017). Dasar Dasar Spektrofotometri Uv-Vis Dan Massa Untuk Penentuan Senyawa Organik. Bandar Lampung: AURA CV. Anugrah Utama Raharja.

Tatuh, H. A. (2016). Analisi Kandungan Formalin Pada Berbagai Jenis Ikan Di Kota Manado. Pharmacon Jurnal Ilmiah Farmasi – UNSRAT Vol. 5 No. 4 NOVEMBER 2016, 163-166.

Wibowo, S. (2000). Pembuatan Bakso Ikan dan Bakso Daging.Jakarta: Penebar Swadaya.

Wulan, S. R. (2015). Identifikasi Formalin Pada Bakso Dari Pedagang Bakso Di Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. 1-10.

Yulianti, C. H. (Januari 2021). Perbandingan Uji Deteksi Formalin pada Makanan Menggunakan. Journal of Pharmacy and Science, vol. 6, No. 1, 53-58.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sutrotul Auladiyah, Adji Salman Fauzan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats