HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, KUALITAS TIDUR, DAN FREKUENSI KONSUMSI FAST FOOD DENGAN KEJADIAN GIZI LEBIH PADA REMAJA 19-21 TAHUN DI TWITTER

Oryza Sativa, Taufik Maryusman, Wiwit Wijayanti

Abstract


Gizi lebih adalah salah satu masalah gizi di Indonesia yang saat ini sering ditemukan, khusunya pada remaja yang dapat dipengaruhi oleh gaya hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial, Kualitas Tidur, dan Frekuensi Konsumsi Fast Food Dengan Kejadian Gizi Lebih Pada Remaja 19-21 Tahun Di Twitter. Desain penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner self report berat badan dan tinggi badan responden, Social Networking Time Use Scale (SONTUS), Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI), dan Food Frequency Questionnaire (FFQ) kualitatif. Populasi dan sampel penelitian ini berjumlah 47 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis yang digunakan adalah univariat dan bivariat menggunakan uji korelasi spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara intensitas penggunaan media sosial (p value = 0,584) dan frekuensi konsumsi fast food (p value = 0,879) dengan kejadian gizi lebih pada remaja, tetapi terdapat hubungan antara kualitas tidur (p value = 0,026) dengan kejadian gizi lebih pada remaja. Disarankan agar para remaja mengurangi gaya hidup sedenter dan menerapkan pola hidup sehat.

Kata kunci: Media Sosial, Kualitas Tidur, Frekuensi Konsumsi Fast Food, Gizi Lebih, Remaja


Full Text:

PDF

References


Aminatyas, Ismi. Sitoayu, Laras. Angkasa, Dudung. Gifari, Nazhif. Wahyuni, Yulia. 2021. Hubungan Konsumsi Makanan Cepat Saji, Tingkat Stress, Dan Kualitas Tidur Terhadap Status Gizi Pada Remaja Putra SMA DKI Jakarta. Indonesian Journal Of Human Nutrition. Vol. 8 No. 1, hlm. 55-64.

Armadani Indah, Dwi. dan Prihanto Budi, Junaidi. 2017. Hubungan Antara Konsumsi Fast Food, Aktivitas Fisik, Dan Status Gizi (Secara Genetik) Dengan Gizi Lebih (Studi Pada Siswa Kelas VII, VIII, Dan IX Di Mts. Budhi Dharma, Wonokromo, Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Volume 05 Nomor 03.

Eun Me Cha, dkk. 2018. Effect On Media Use On Adolescent Body Weight. Preventing Chronic Disease;Vol. 15.

Evan. Wiyono, Joko. dan Candrawati, Erlisa. 2017. Hubungan Antara Pola Makan Dengan Kejadian Obesitas Pada Mahasiswa Di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Nursing news. Volume 2, Nomor 3.

Fandiani YM. Wantiyah. & Juliningrum PP. 2017. The Effect Of Dzikir Therapy on Sleep Quality of College Students at School of Nursing University of Jember. NurseLine Journal; 2(1): 52-60.

Husna Shofiya, Devi. dan Puspita Deviyanti, Ikha. 2020. Korelasi Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial dengan Durasi Tidur dan Status Gizi Remaja. Jurnal Riset Gizi, Vol. 8 No. 2.

Kanyinga-Sampasa, Hugues. Chaput, Phillipe-Jean. dan Hamilton A., Hayley. 2015. Associations Between The Use Of Social Networking Sites And Unhealthy Eating Behaviors And Excess Body Weight In Adolescents. British Journal Of Nutrition. 114, 1941-1947.

Kurnia Dwi, Anggraini. Melizza, Nur. Masruroh Lailatul, Nur. Prasetyo Bekti, Yoyok. 2022. Penggunaan Sosial Media Dengan Status Gizi Pada Remaja Akhir. Jurnal Keperawatan Priority. Vol 5, No. 1.

Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes RI. 2018. Hasil Utama Riskesdas 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Kumala, Meilani. dan Bardosono, Saptawati. 2014. Double Burden of Malnutrition Among Teenagers 15-19 years old in Five Municipalities of Jakarta. Journal Of The Indonesian Medical Association. Volume: 64, Nomor: 1.

Muhammad Luglio, Freitag Harry. Pratama Arya, Satwika. Sulistyoningrum Caturini, Dian. Hartono Nurfitriani, Maya. Huriyati, Emy. Lee, Yi Yi. dan Muda Wan, Manan Abdul Wan. 2020. The Impact Of Sleep Quality And Duration On Leptin, Appetite, And Obesity Indices In Adults. Medical Journal Of Indonesia. 2020;29:417-21.

Nuraini, Anis. dan Murbawani Adi, Etisa. 2019. Hubungan Antara Ketebalan Lemak Abdominal Dan Kadar Serum High Sensitivity C-Reactive Protein (HS-CRP) Pada Remaja. Journal Of Nutrition College, Volume 8, Nomor 2.

Saufani Ayu, Iza. Desmaneni, Fahnita. dan Hanum Nur, Faiz. 2022. Hubungan Konsumsi Fast Food Dengan Status Gizi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Afiyah Vol. VIII No.1.

Sinaga Yostiana, Yenni. Bebasari, Eka. Dan Ernalia, Yanti. 2014. Hubungan Kualitas Tidur Dengan Obesitas Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Angkatan 2014. Jom FK. Volume 2 No. 2.

Widia Andriani, Finandita. 2021. Gaya Hidup Sedentari, Screen Time, dan Pola Makan Terhadap Status Gizi Remaja SMAN 1 Bojonegoro. Jurnal Gizi Unesa. Vol. 1 No.1: 14-22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Oryza Sativa, Taufik Maryusman, Wiwit Wijayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats