FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KONSUMSI SAYUR DAN BUAH PADA SISWA DI SMPN BOGOR TAHUN 2022

Daniar Elfana, Dwi Wahyuni, Annisa Nursita Angesti

Abstract


Masa remaja adalah masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Remaja biasanya mengalami perubahan gaya hidup termasuk didalamnya pola konsumsi karena dipengaruhi oleh lingkungan teman sebaya. Kebutuhan gizi remaja relatif besar karena pada masa remaja terjadi proses pertumbuhan dan perkembangan yang cepat. Salah satu masalah pada fase ini adalah kurangnya konsumsi buah dan sayur yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui faktor yang berhubungan dengan konsumsi sayur dan buah pada siswa SMPN 3 Cileungsi Bogor tahun 2022. Jenis penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitaif dengan desain cross sectional. Pengambilan data dilakukan dengan cara pengisian kuesioner dan wawancara menggunakan formulir FFQ. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan stratified random sampling dengan sampel berjumlah 249 responden dan dianalisis menggunakan uji chi - square. Data yang diperoleh dianalisis secara univariat dan bivariat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara pengetahuan gizi dengan konsumsi sayur dan buah (p-value = 0,03), serta tidak terdapat hubungan yang siginfikan antara jenis kelamin, preferensi, dan peran teman sebaya dengan konsumsi sayur dan buah. Kesimpulanya adalah terdapat hubungan antara konsumsi sayur dan  buah dengan pengetahuan gizi. Disarankan responden dengan konsumsi sayur dan buah kurang agar meningkatkan pengetahuan gizi terutama tentang manfaat sayur dan buah.

Kata kunci Preferensi, Pengetahuan Gizi, Peran Teman sebaya


Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan. 2014. 'Pedoman Gizi Seimbang', Jakarta. Kementerian Kesehatan.

Lestari, AD 2012, ' Faktor - Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Konsumsi Buah dan Sayur pada Siswa SMPN 226 Jakarta Selatan Tahun 2012', Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah.

Nursani, AM, 'Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Preferensi Sayur pada Siswa-siswi Kelas 4 dan 5 Madrasah Pembangunan UIN Jakarta Tahun 2017', repository.uinjkt.ac.id, http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36390.

Riskesdas, RI 2013, 'Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas)', Jakarta. Kemenkes RI.

Riskesdas, RI 2018, 'Laporan Nasional Riskesdas Tahun 2018', Jakarta. Riskesdas.

Wirenviona, SST Rima, Riris, AAIDC, & ST, S 2020, 'Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja', Universitas Airlangga.

Yolanda, A. 2018, 'Hubungan Tingkat Pengetahuan, Keterpaparan Media Massa dan Dukungan Orang Tua dengan Konsumsi Buah dan Sayur pada Siswa Kelas VII dan VIII Di SMPN 12 Padang Tahun 2018', Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Daniar Elfana, Dwi Wahyuni, Annisa Nursita Angesti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats