HUBUNGAN PENDAPATAN DAN PENGETAHUAN GIZI DENGAN KEJADIAN KURANG ENERGI KRONIK PADA IBU HAMIL DI WILAYAH PUSKESMAS GANG AUT KOTA BOGOR

Nisyah Paradisa, Ratih Agustin Prikhatina, Sarah Mardiyah

Abstract


Kekurangan energi dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan Kekurangan Energi Kronis (KEK) pada ibu hamil yang memiliki dampak buruk bagi ibu dan bayi. Prevalensi ibu hamil KEK di Puskesmas Gang Aut pada tahun 2020 sebesar 14,2%. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kejadian Kurang Energi Kronis pada ibu hamil di wilayah Puskesmas Gang Aut Kota Bogor tahun 2021. Rancangan penelitian ini menggunakan cross sectional. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan jumlah responden sebanyak 63 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner google form secara daring dikarenakan dalam masa pandemi Covid-19. Hasil univariat menunjukan KEK pada ibu hamil (20,6%). Karakteristik usia responden kategori berisiko (19,0%). Pendapatan keluarga ibu hamil kategori cukup (50,8%). Riwayat anemia ibu hamil kategori anemia (33,3%). Pengetahuan tentang gizi kehamilan kategori kurang (63,5%). Hasil analisis bivariat menunjukan bahwa tidak ada hubungan usia ibu hamil dengan kejadian KEK (p=0,431), tidak ada hubungan pendapatan keluarga ibu hamil dengan kejadian KEK (p=0,805), ada hubungan riwayat anemia dengan kejadian KEK (p=0,023), tidak ada hubungan pengetahuan tentang gizi kehamilan dengan kejadian KEK (p=0,753). Disarankan kepada ibu hamil untuk dapat mencari informasi tentang gizi kehamilan dan dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang gizi kehamilan dalam kehidupan sehari–hari.

Full Text:

PDF

References


Akhmadi, T. N. 2019. Faktor-Fakto yang Mempengaruhi Kejadian Kurang Energi Kronis (KEK) pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja UPT Puskesmas I Pekutatan. Intisari Sains Medis, 506-510.

Arisman. 2010. Gizi Dalam Daur Kehidupan. Jakarta: EGC.

Aryanti Wardiah, Sumini Setiawati, Riyani, Riska Wandiri, Lidya

Aryanti. 2013. Faktor - faktor yang mempengaruhi kejadian anemia pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Sekampung Kabupaten Lampung Timur tahun 2013. Bandar Lampung: PSIK Universitas Malahayati.

Astriana, W. 2017. Kejadian Anemia pada Ibu Hamil ditinjau dari Paritas dan Usia. Jurnal Ilmu Kesehatan, 123-130.

Kemenkes RI. 2018. Pedoman Pencegahan dan Penanggulanan Anemia pada Remaja Putri dan Wanita Usia SUbur. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI

Kemenkes RI. 2020. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Kemenkes, RI. 2021. Laporan Kinerja Kementrian Kesehatan Tahun 2020. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI

Kristiyanasari, Widya. 2010. Gizi Ibu hamil. Yogyakarta : Nuha Medika

Marni. 2013. Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta : Pustaka Belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nisyah Paradisa, Ratih Agustin Prikhatina, Sarah Mardiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats