Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Transportasi Online GRAB, Jakarta)

Muhammad Faisal Yunas

Abstract


This study aims to determine: 1) the effect of service quality on customer satisfaction. 2) the effect of price on customer satisfaction. 3) the effect of service quality and price simultaneously on customer satisfaction. The type of research used in this research is quantitative research using survey methods. The sampling technique is the Nonprobability sampling method, namely the accidental sampling technique. The number of respondents is 100 people. The instrument testing technique in this research is Validity and Reliability Test, while the data analysis technique uses Multiple Linear Regression analysis, Classical Assumption Test, and Descriptive Analysis. The results showed that: 1) Service quality had a partial effect on customer satisfaction. 2) Price has a partial effect on Customer Satisfaction. 3) Service Quality and Price have a simultaneous effect on Customer Satisfaction.


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Andy Gunawan (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Trasportasi Online Grab Terhadap Kepuasan Pelanggan Mahasiswa Manajemen Unismuh Makassar.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Gilang Fhitryan Widsya Pratama (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Taksi Berbasis Online (Grabcar) Pada Mahasiswa Universitas Sumatera Utara

Irham Hafidz (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Grab Bike di Kota Malang

Kotler, P dan Amstrong, G (2012) Prinsip-Prinsip Manajemen edisi 13 jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P dan Keller, K. L (2012), Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lewis dan Boom (2012), Service, Quality & Satisfaction. Edisi ke 3, Fandy Tjiptono & Gregorius Chandra, Yogyakarta: Penerbit Andi

Lupiyoadi (2013), Manajemen Pemasaran Jasa Berbisnis Kompetensi edisi 13. Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, (2013), Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Salemba Empat.

Maholtra, K. Naresh. (2009). Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1. Riset Pemasaran, Pendekatan Terapan. Jakarta: PT. Indeks.

Mar’ati, Nafisa Choirul. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek Online (Studi pada Konsumen Gojek di Surabaya). Jurnal. Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya.

Parasuraman, A. Valerie. (2001). (Diterjemahkan oleh Sutanto) Delivering Quality Service. New York: The Free Press.

Rini Sugiarsih Duki Saputri (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F (2012). Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta. Andi Publisher.

Werang, Basilius Redan. (2015). Pendekatan Kuantitatif Dalam Penelitian Sosial. Yogyakarta: Calpulis.

Widjaja, A. E., & Indrawati, L. (2018). Pengaruh Lokasi, Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menggunakan Ojek Online. Jurnal Bisnis Terapan.

www.grab.com Diakses Pada Tanggal 2 Maret 2021

www.kaskus.com Diakses Pada Tanggal 2 Maret 2021

www.oto.detik.com Diakses Pada Tanggal 1 Maret 2021

www.websindo.com Diakses Pada 1 Maret 2021




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v3i1.990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Faisal Yunas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats